Tuli-tuli Camilan Khas Buton

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Minggu, 11 Oktober 2020
0 dilihat
Tuli-tuli Camilan Khas Buton
Tuli-tuli makanan khas Buton. Foto: Iradat Kurniawan/Telisik

" Selain menjadi camilan warga setempat, biasa juga banyak orang yang membeli Tuli-tuli untuk dijadikan oleh-oleh. "

BAUBAU, TELISIK.ID - Buton secara umum memiliki berbagai makanan yang terkenal dan mempunyai rasa yang khas.

Tuli-tuli misalnya, sejenis makanan ringan khas Buton yang berbahan dasar dari ubi kayu parut dikeringkan atau biasa disebut dalam bahasa daerahnya, Kaopi.

Camilan khas Buton tersebut sangat laris manis dan menjadi sajian wajib yang biasa disajikan bersama sambal di saat santai bersama rekan-rekan atau keluarga.

Cara pembuatan camilan tersebut tidak terlalu sulit karena sangat mudah dan tidak memakan waktu yang lama serta bahan-bahannya mudah ditemukan.

Baca juga: Sinole Makanan Olahan dari Sagu, Begini Cara Buatnya

Arfiah salah satu penjual makanan khas tersebut menjelaskan, bahan dasar pembuat Tuli-tuli hanya ubi kayu parut kering (Kaopi), garam, bawang merah, air panas secukupnya serta minyak goreng.

"Cara membuatnya cukup Kaopi tersebut disangrai, lalu dicampur bawang merah dan garam  baru kemudian disiramkan air panas secukupnya terus diaduk sampai bisa dibentuk seperti angka 8, lanjut kemudian adonan yang sudah berbentuk 8 tersebut kemudian digoreng," jelas Arfiah Minggu (11/10/2020).

Arfiah juga menerangkan, Tuli-tuli sangat disukai oleh warga Buton atau pun di luar Buton dan biasa dijadikan sebagai oleh-oleh.

"Selain menjadi camilan warga setempat, biasa juga banyak orang yang membeli Tuli-tuli untuk dijadikan oleh-oleh," katanya. (B)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga