Tumbuhkan Budaya Literasi, GenBI Sultra Buka Lapak Baca

Haidir Muhari, telisik indonesia
Minggu, 28 Maret 2021
0 dilihat
Tumbuhkan Budaya Literasi, GenBI Sultra Buka Lapak Baca
Suasana Lapak Baca GenBI Sultra di Tamkot Kendari. Foto: Ningsih Safitri/Telisik

" Di tahun 2017 teman-teman yang dulunya masih dua komisariat IAIN dan UHO memulai inisiasi untuk mengadakan lapak baca di Tamkot setiap hari Minggu pagi. "

KENDARI, TELISIK.ID - Membaca adalah salah satu cara untuk mendapatkan informasi. Semakin banyak membaca, semakin banyak pula informasi yang kita dapatkan.

Buku adalah jendela dunia. Mengapa demikian? Karena dengan membaca buku dapat membuka wawasan yang sangat membantu menghargai hasil karya orang lain.

Namun sangat disayangkan, pada zaman sekarang ini, sudah jarang kita temukan generasi muda yang gemar membaca.

Secara umum, terdapat dua faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya minat baca seseorang yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam dirinya sendiri, seperti pembawaan, kebiasaan dan ekspresi diri.

Sementara faktor eksternal adalah faktor-faktor yang berasal dari luar atau faktor lingkungan, baik dari lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah. Faktor eksternal ini mempengaruhi adanya motivasi, kemauan, dan kecenderungan untuk selalu membaca.

Guna membudayakan literasi masyarakat yang saat ini sudah hampir hilang, Generasi Baru Indonesia Sulawesi Tenggara(GenBI Sultra) mengadakan lapak baca setiap hari Minggu di Taman Kota (Tamkot) Kendari.

Menurut Wakil Ketua Wilayah GenBI Sultra, Muh Akbar, lapak baca setiap hari Minggu ini telah ada sejak tahun 2017 silam. Lapak baca ini merupakan inisiasi dari dua komisariat yakni komisariat Universitas Halu Oleo (UHO) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari.

Baca juga: Mudahkan Pengendara, Bapenda Sultra Segera Luncurkan Info Pajak Via Aplikasi

"Di tahun 2017 teman-teman yang dulunya masih dua komisariat IAIN dan UHO memulai inisiasi untuk mengadakan lapak baca di Tamkot setiap hari Minggu pagi," jelasnya, Minggu (28/3/2021).

Menurut Akbar, buku-buku yang diperolehnya merupakan sumbangan dari Bank Indonesia dan sisanya adalah donasi relawan, ada juga dari sumbangan-sumbangan anggota GenBI.

“Lapak ini dibuka setiap hari Minggu dari pulul 07.00 Wita sampai pukul 10.00,” jelasnya.

Koordinator Departemen Pendidikan GenBI UHO mengatakan, sejauh ini kegiatan lapak baca direspon baik oleh masyarakat. Di setiap minggunya selalu dihampiri pengunjung bahkan hingga ada yang berinisiatif untuk menyumbangkan bukunya.

"Respon masyarakat Alhamdulillah sangat positif. Setiap Minggu itu pasti selalu ada beberapa pengunjung yang selain membaca, mereka juga ingin menyumbangkan bukunya," ucapnya.

Anggota GenBI, Dina Nurhalizah mengatakan, kegiatan lapak baca GenBI Sultra ini merupakan kegiatan  yang sangat baik untuk menjadi solusi dari kurangnya minat baca.

"Lapak baca yang diselenggarakan oleh GenBI Sultra menurut saya sangat bagus, apalagi sekarang minat baca sangat kurang jadi bisa menarik minat kita," ujarnya. (B)

Reporter: Ningsih Safitri

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga