Tumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Siswa SMK Melalui PTA Penegak

Wa Ode Sunaimi Rahman, telisik indonesia
Minggu, 20 November 2022
0 dilihat
Tumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Siswa SMK Melalui PTA Penegak
Siswa SMKN 1 Kendari dalam kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan guna menumbuhkan jiwa kepemimpinan. Foto: Wa Ode Sunaimi Rahman/Telisik

" PTA merupakan kegiatan bagi calon penegak untuk bisa secara resmi bergabung menjadi anggota ambalan pramuka penegak "

KENDARI, TELISIK.ID – Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) dijadikan sebagai wadah untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan anggota pramuka, menanamkan kedisiplinan, dan kemandirian bagi siswa serta melatih kekompakan antar anggota pramuka.

PTA merupakan kegiatan bagi calon penegak untuk bisa secara resmi bergabung menjadi anggota ambalan pramuka penegak dan untuk memenuhi fase peralihan dari pramuka penggalang menuju pramuka penegak serta untuk lebih mengenalkan pramuka.

Pada tahun ini SMKN 1 Kendari melaksanakan PTA pada tanggal 18 hingga 20 November 2022 yang disemarakkan dengan beberapa lomba seperti lomba pembacaan puisi, pentas seni, dan yel-yel.

Selain perlombaan, dalam kegiatan tersebut juga ada pembekalan materi terkait pengenalan ekstra pramuka wajib sekolah, materi kedisplinan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Dampak Perubahan Iklim Sebabkan Persilangan Alami Beruang

Perkemahan yang berlangsung selama 3 hari itu bertempat di SMKN 1 Kendari diikuti oleh seluruh siswa kelas X.

Salah satu pembina pramuka SMKN 1 Kendari, Muhalip, S.Pd, M.M. mengatakan, dengan kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan, dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan anggota pramuka, melatih dan menambah mental anggota pramuka, serta menumbuhkan jiwa kepemimpinan mereka.

Baca Juga: Torehkan Banyak Prestasi, Tita Muchlisha Jadi Wisudawan Terbaik IAIN Kendari dengan IPK 3,95

Peserta PTA, Andi Anggi dan Lestari mengaku, kegiatan ini sangat positif karena dapat meningkatkan kedisplinan dalam berorganisasi.

"Kami juga memperoleh ilmu kepramukaan selama mengikuti kegiatan ini," ujar Andi Anggi dan Lestari. (A)

Penulis: Wa Ode Sunaimi Rahman

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga