Tumpukan Sampah Resahkan Warga, Ini Kata Kadis DLH Konawe Kepulauan

Lukman Nul Hakim, telisik indonesia
Rabu, 15 Februari 2023
0 dilihat
Tumpukan Sampah Resahkan Warga, Ini Kata Kadis DLH Konawe Kepulauan
Masyarakat Lampepai meminta DLH tidak lagi membuang sampah di lokasi tersebut karena bau yang mengganggu. Foto: Lukman Nul Hakim/Telisik

" Selain bau yang menyengat, tumpukan sampah juga dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi sungai yang letaknya di bawah tempat pembuangan sampah "

KONAWE KEPULAUAN, TELISIK.ID - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Konawe Kepulauan menanggapi keluhan masyarakat Lampeapi Kecamatan Wawonii Tengah, Kabupaten Konawe Kepulauan, terkait dengan tempat pembuangan sampah.

Diketahui, tumpukan sampah di jalan poros Langara-Lampepai menimbulkan keresahan masyarakat Lampeapi. Selain bau yang menyengat, juga dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi sungai yang letaknya di bawah tempat pembuangan sampah tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Lingkungan (DLH), Rustam Arifin mengatakan, tempat pembuangan sampah tersebut adalah tempat pembuangan sementara yang dikontrak oleh DLH dalam kurun waktu 5 tahun sejak 2018 lalu.

“Saya kira untuk tempat pembuangan sampah sementara ini diharapkan masyarakat bersabar sembari menunggu difungsikannya tempat pembuangan akhir (TPA) sampah yang baru,” ujarnya, Rabu (15/2/2023).

Rustam Arifin menambahkan, terkait pengelolaan sampah, DLH akan terus berupaya melakukan pengawasan agar apa yang menjadi kekahwatiran masyarakat tidak terjadi, sembari menunggu difungsikanya TPA permanen yang terletak di Desa Wawobili, Kecamatan Wawonii Barat.

Bsca Juga: Masyarakat Lampeapi Konawe Kepulauan Resah Akibat Bau Sampah Menyengat

Terkait dengan TPA yang baru akan segera difungsikan tahun ini, dia berharap masyarakat yang merasa keberatan dengan adanya tempat pembuangan sampah tersebut untuk duduk bersama mencari solusi.

"Kalau memang hal tersebut dianggap akan merusak lingkungan, kami berharap masyarakat jangan hanya menolak tetapi juga bisa membantu dan memberikan solusi,” tambahnya.

Bsca Juga: Sampah Berbau Resahkan Masyarakat

Di tempat terpisah, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, La Ode Gaga mengatakan, terkait pengelolaan sampah, pihaknya akan berupaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk diberikan edukasi kesadaran pengelolaan sampah, terutama terkait kesadaran membuang sampah pada tempat yang telah disiapkan oleh pemerintah dalam hal ini DLH.

"Memang masyarakat butuh edukasi terutama terkait kesadaran membuang sampah pada tempat yang sudah disiapkan oleh pemerintah, ini yang akan diupayakan untuk dilakukan sosialisasi, termasuk edukasi pentingnya penentuan titik atau lokasi pembuangan sementara di lingkungan masyarakat, karena beberapa titik yang ditunjuk untuk pembuangan sementara justru ditolak oleh masyarakat dengan berbagai alasan," jelasnya. (B)

Penulis: Lukman Nul Hakim

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga