Tunjang Konektivitas Desa Terpencil, Pemda Luncurkan Kapal Penumpang KM Konsel 01

Ashar Hamka, telisik indonesia
Senin, 17 Januari 2022
0 dilihat
Tunjang Konektivitas Desa Terpencil, Pemda Luncurkan Kapal Penumpang KM Konsel 01
Bupati Konsel, Surunuddin Dangga bersama jajaran, saat peluncuran pengoperasian KM Konsel 01, di Dermaga Rakyat Desa Batu Putih Kecamatan Kolono Timur, Senin (17/1/2022). Foto: Ist

" Ketersediaan moda transportasi laut menjadi bagian dari urat nadi kemajuan perekonomian suatu daerah "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Kebutuhan moda transportasi laut guna membuka konektivitas bagi desa-desa terpencil, terkhusus di wilayah Kecamatan Laonti, Kecamatan Kolono Timur dan Kecamatan Moramo, sudah bisa terbuka. Pasalnya, saat ini Pemda Konawe Selatan (Konsel) telah meluncurkan pengoperasian kapal motor penumpang bernama KM Konsel 01.

“Kami berkomitmen mendorong percepatan pembangunan di daerah tertinggal, perbatasan, transmigrasi dan yang menghubungkan kawasan terisolir. Jadi ketersediaan moda transportasi laut menjadi bagian dari urat nadi kemajuan perekonomian suatu daerah, tak terkecuali di Kabupaten Konawe Selatan,“ ujar Bupati Konsel, Surunuddin Dangga saat peluncuran  pengoperasian KM Konsel 01 di Dermaga Rakyat Desa Batu Putih Kecamatan Kolono Timur, Senin (17/1/2022).

Ia mengurai untuk memenuhi komitmen itu, pihaknya membangun komunikasi ke pihak Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT) untuk pengadaan kapal laut. Gayung bersambut, upaya mantan Ketua DPRD Konsel ini direspon positif oleh pemerintah pusat dengan diberikannya bantuan hibah berupa kapal Penumpang Tahun Anggaran 2021 melalui dinas perhubungan setempat

Lalu, kapal angkutan penumpang di bawah 20 Gross Tonnage (GT), yang memiliki daya performa 200 Horsepower (HP) tahun pembuatan 2021 yang dapat menampung kurang lebih 30 orang plus ABK tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Afirmasi Kemendes senilai Rp 2,4 miliar oleh Bupati Surunuddin beri nama Kapal Motor (KM) Konsel 01.

Setelah berlayar tujuan Konsel dari Galangan Kapal Perusahaan PT Avenir Surabaya selama sekitar empat hari, kapal itu akhirnya dapat bersandar untuk kemudian dipergunakan.

Baca Juga: Butur Mulai Vaksin Anak Usia 6-11 Tahun

“Kita mengapresiasi pemerintah pusat atas bantuannya yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya dalam melayani rute Laonti-Kolono Timur dan Moramo serta masyarakat kecamatan lainnya,“ ungkap Surunuddin.

Sementara secara teknis untuk operasional dan maintenance, kata Surunuddin, KM Konsel 01 bakal diserahkan kepada Koperasi Jasa Angkutan Perhubungan Konsel yang bergerak di bidang transportasi laut untuk dikelola bekerjasama dengan BUMDes yang mendukung pengembangan angkutan penumpang serta komoditas lokal.

Penyerahan tanggung jawab ke badan koperasi itu, guna membantu pemulihan ekonomi di tengah situasi pandemi COVID-19.

"Jadi saya berharap bantuan kapal ini bisa dimanfaatkan sebaik dan sesuai peruntukannya, sehingga kinerja koperasi sebagai pendorong geliat ekonomi masyarakat desa dapat berjalan maksimal," tandasnya.

Baca Juga: Satpam PTPN II Ditemukan Tewas di Kursi Kerjanya

Ia menambahkan adanya transportasi laut yang baru, selain bisa mengurangi kesenjangan wilayah di daerah terpencil dan pulau terluar serta melancarkan proses pertukaran barang dan jasa antar wilayah.

Juga dapat membantu memperlancar dan menunjang tugas atau urusan pemerintahan, baik pemerintah kabupaten, kecamatan/kelurahan maupun pemerintah desa, atapun menjamu tamu negara atau bagi masyarakat yang akan berpelesir ke spot wisata atau ke kabupaten lainnya

Di kesempatan itu pula, usai meresmikan pengoperasiannya di Dermaga Rakyat Desa Batu Putih Kecamatan Kolono Timur, yang ditandai dengan pengguntingan Pita oleh Ketua TP PKK Konsel, Hj Nurlin Surunuddin bersama Wakil Ketua PKK, Suharni Rasyid dan Ketua DWP, Hj Ariyati Sjarif serta Kadishub Budi Yuliarto Silondae. Bupati Konsel bersama jajarannya, Wabup Konsel, Sekda, Ketua dan Wakil Ketua PKK, Ketua DWP beserta sejumlah Pimpinan OPD menjajal Kapal Konsel 01 dengan mengitari perairan Desa Batu Putih, selanjutnya ke Desa Wisata Namu dan menuju Desa Laonti, Kecamatan Laonti untuk melaksanakan Rapat Kerja sekaligus Pengukuhan pengurus PKK Kecamatan. (C)

Reporter: Ashar Hamka

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga