Turunkan Angka Kemiskinan, Wabup Brebes Contek Inovasi Pemkab Muna

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 28 Oktober 2022
0 dilihat
Turunkan Angka Kemiskinan, Wabup Brebes Contek Inovasi Pemkab Muna
Bupati Muna, LM Rusman Emba bersama Wabup, Bachrun Labuta dan Sekda, Eddy Uga menerima kunjungan Wabup Brebes, Narjo. Foto : Sunaryo/Telisik

" Kabupaten Brebes merupakan daerah terluas dan terpadat penduduknya di Provinsi Jawa Tengah. Jumlah penduduk daerah yang dipimpin Idza Priyanti itu mencapai 2 juta jiwa "

MUNA, TELISIK.ID - Kabupaten Brebes merupakan daerah terluas dan terpadat penduduknya di Provinsi Jawa Tengah. Jumlah penduduk daerah yang dipimpinIdza Priyanti itu mencapai 2 juta jiwa.

Mata pencarian masyarakatnya 60 persen petani bawang merah, palawija dan beternak itik. Di samping itu pula, Brebes telah ditetapkan sebagai kawasan industri pembuatan sepatu dan germen yang menampung pekerja lulusan SMA/SMK kurang lebih 50 ribu orang.

Namun di balik itu, angka kemiskinan masih terbilang tinggi mencapai 16 persen. Nah, untuk menurunkan angka kemiskinan itu, Wakil Bupati (Wabup) Brebes, Narjo datang menimba ilmu di Kabupaten Muna.

Baca Juga: Pemkab Kolaka Timur Perbaiki Jalan Poros Iwoikondo

Kedatangan orang nomor dua di daerah yang terkenal dengan telur asin bebeknya itu disambut hangat oleh Bupati Muna, LM Rusman Emba, Wabup, Bachrun Labuta dan Sekda, Eddy Uga, Jumat (28/10/2022).

Narjo bilang, Muna sangat terkenal dengan pariwisata, pertanian, peternakan dan perikanannya, sehingga dengan potensi yang dimiliki itu, angka kemiskinannya sangat rendah.

"Karena Muna sangat terkenal dan angka kemiskinannya rendah, kami datang untuk mencontek inovasinya untuk diimplementasikan di Brebes," kata politisi PDIP itu.

Baca Juga: Peternak Konawe Dapat 6000 Ekor Ayam

Sementara itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba menerangkan, setiap tahunnya angka kemiskinan terus menurun. Saat ini, posisinya 6 persen. Adapun langkah-langkah yang dilakukan adalah pemberdayaan masyarakat melalui program yang dapat meningkatkan perekonomian.

Kini yang sementara dilakukan Pemkab adalah pembangunan pabrik jagung, tambak udang dan pengembangan kawasan transmigrasi melalui konsep model trans science technopark.

"Pemberdayaan dan membuka lapangan kerja baru menjadi prioritas," pungkasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

Baca Juga