Udumbara Si Bunga Mungil, Mekar 3000 Tahun Sekali

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 16 Juli 2022
0 dilihat
Udumbara Si Bunga Mungil, Mekar 3000 Tahun Sekali
Udumbara si bunga mungil yang mekar 3000 tahun sekali. Bunga ini masuk kategori parasit karena tumbuh dan menyerap nutrisi dari inangnya. Foto: Repro idntimes.com

" Kekayaan alam semesta tak sedikit menyimpan sejuta keunikan dan keindahannya. Satu diantara keindahan alam yang mungkin belum banyak orang ketahui adalah bunga udumbara "

KENDARI, TELISIK.ID - Kekayaan alam semesta tak sedikit menyimpan sejuta keunikan dan keindahannya. Satu diantara keindahan alam yang mungkin belum banyak orang ketahui adalah bunga udumbara.

Dikutip dari kabar.besuki.com, bunga udumbara merupakan bunga yang berasal dari bahasa sansekerta yang artinya bunga dari surga. Nama yang diberikan pada bunga ini mengisyaratkan makna dan legenda yang melekat kuat padanya. 

Melansir dari idntimes.com, keberadaan bunga ini ketika muncul dan mekar di suatu tempat dianggap menjadi sesuatu yang akan membawa keberuntungan, warnanya yang putih bersih juga menandakan kesucian yang membawa berkat dari surga. Jenis bunga langka yang hanya mekar dalam kurun waktu 3000 tahun sekali.

Keistimewaan lain yang terdapat pada bunga udumbara ini adalah ia kerap kali ditemukan mekar pada berbagai permukaan benda tak hanya pada tanah, namun juga pada logam, kayu. Bunga udumbara termasuk kategori parasit yang akan tumbuh dan menyerap nutrisi dari inangnya walaupun memang tak akan terlalu berpengaruh dan merugikan karena ukurannya yang memang sangat kecil.

Baca Juga: Tuntas, Tujuh Raperda Bakal Diserahkan ke Biro Hukum

Keberadaan bunga ini sering dikecoh karena bentuknya yang mirip telur serangga. Walaupun ukurannya sangat kecil bunga ini termasuk bunga kuat yang tahan banting dan mampu mekar cukup lama. Salah satu ciri yang mengisyaratkan keberadaan bunga udumbara ini adalah bau wanginya yang semerbak dan kuat.

Baca Juga: Lawongan Kerja Kendari: Toko Damai Butuhkan Karyawan Lulusan SMA, Buruan Daftar

Dikutip dari kompas.com, keberadaan bunga Udumbara juga dekat di hati umat Budha dan disebutkan dalam kitab suci Buddhis aliran Mahayana, Sutra Teratai. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Baca Juga