UHO Berupaya Jalankan Kegiatan Akademik Meski di Masa Pandemi COVID-19

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Sabtu, 23 Oktober 2021
0 dilihat
UHO Berupaya Jalankan Kegiatan Akademik Meski di Masa Pandemi COVID-19
Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Zamrun mengatakan, sejak periode pertama menjadi rektor, ia telah menargetkan semua fakultas yang ada di UHO, minimal menyelenggarakan satu kali seminar nasional ataupun seminar Internasional setiap tahun "

KENDARI, TELISIK.ID - Meski di masa pandemi COVID-19, Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari tetap berupaya melakukan kegiatan akademik sesuai yang telah diprogramkan.

Hal itu diungkapkan Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu dalam seminar nasional yang diselenggarakan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UHO, Sabtu (23/10/2021).

Zamrun mengatakan, sejak periode pertama menjadi rektor, ia telah menargetkan semua fakultas yang ada di UHO, minimal menyelenggarakan satu kali seminar nasional ataupun seminar Internasional setiap tahun.

"Itu baru segi kuantitasnya saja. Targetnya kita ubah, bukan hanya melakukan seminar saja, tapi outputnya yang harus kita cermati. Nanti setiap fakultas harus merancang betul dengan benar, jadi bukan pelaksanaan seminarnya saja, tapi nanti outputnya harus lebih baik," paparnya.

Zamrun berharap dengan seminar tersebut bisa terjalin komunikasi sesama ilmuwan di bidangnya masing-masing. Output dari seminar, kata dia, ada dua.

Baca Juga: UHO Gelar Workshop Penyusunan Kurikulum Berbasis Outcome Base Education

Baca Juga: Digitalisasi IAIN Kendari Siap Wujudkan Studi Pengembangan Islam Transdisipliner di Asia

"Yang pertama itu prosidingnya. Yang kedua, saling kenal mengenal sesama peneliti yang kira-kira bidang penelitiannya sama. Sehingga kolaborasi selanjutnya bisa dilaksanakan. Mudah-mudahan pada seminar hari ini bisa membuka jalan bagi kita semua," ujarnya.

Rektor juga mengingatkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan dalam segala aktivitas, paling tidak cuci tangan, pakai masker dan telah melakukan vaksinasi.

Sementara itu, Dekan FMIPA, Dr. Ida Usman mengatakan, secara garis besar tujuan seminar tersebut adalah agar bisa terjalin kerjasama penelitian antar perguruan tinggi.

"Tujuan pertama, harus tahu masing-masing punya bidang keahlian apa, jadi bisa sharing sumber daya. Yang kedua untuk publikasi, karena kita di perguruan tinggi wajib untuk publikasi," ungkapnya.

"Mudah-mudahan dua tujuan tersebut bisa tercapai. Dengan sharing informasi, antar peneliti bisa sharing sumberdaya, misalnya penelitian sumberdaya dan sebagainya," tambahnya.

Di tempat yang sama, ketua panitia La Ode Ahmad menerangkan, jumlah peserta yang mendaftar dalam kegiatan ini sebanyak 250 orang. Akan tetapi, mengingat masih masa pandemi,  dibatasi hanya 100 orang yang hadir secara tatap muka.

"Karena masih masa pandemi, di ruangan ini kami batasi hanya 100 peserta. Sisanya kami siapkan di zoom meeting. Sebagain besar peserta dari UHO, ada juga dari institusi-institusi di luar UHO baik yang di dalam Sultra maupun di luar Sultra," tutupnya. (A)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga