UHO Kendari Batal Berlakukan Kuliah Tatap Muka Penuh

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Selasa, 01 Maret 2022
0 dilihat
UHO Kendari Batal Berlakukan Kuliah Tatap Muka Penuh
Gedung rektorat Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, membatalkan pemberlakuan kuliah tatap muka penuh, karena Kota Kendari kembali melakukan, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 "

KENDARI, TELISIK.ID – Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, membatalkan pemberlakuan kuliah tatap muka penuh, karena Kota Kendari kembali melakukan, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

Wakil Rektor III UHO Kendari, Nur Arafah mengatakan, hal tersebut mengacuh pada aturan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti), Selasa (1/3/2022).

Pada semester ini kata dia, menyesuaikan dengan level PPKM, yang dimana Kota Kendari masuk dalam PPKM level 3 jadi perkuliahan akan berlangsung 50 persen dari kapasitas mahasiswa.

“Nanti ganti-gantian ada yang oflline dan online yakni kapasitas 50 persen, tapi sesuai aturan rektor mungkin dua minggu pertama daring dulu," katanya.

Ia menambahkan, kebijakan itu tidak akan selamanya diterapkan, melainkan akan menyesuaikan dengan level PPKM yang diterapkan di Kota kendari.

"Satu atau dua tahap ini kita berlakukan daring terlebih dahulu sembari melihat level PPKM ini menurun maka kita akan menyesuaikan dengan kapasitas 50 tadi," tambahnya.

Sebelumnya, UHO Kendari bakal menerapkan perkuliahan tatap muka di semester genap, pada 7 Maret 2022. Kabar ini tertuang dalam keputusan Dirjen Diktiristek Nomor 2/E/KPT/2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022 di Perguruan Tinggi.

Baca Juga: Menag Bandingkan Suara Toa Masjid dengan Gonggongan Anjing, DEMA dan BEM di Sultra Angkat Bicara

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik, La Hamimu menjelaskan, untuk mahasiswa program diploma dan sarjana yang berada pada semester 2 dan semester 4 dapat diprioritaskan untuk mengikuti perkuliahan secara offline dengan syarat tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku secara ketat dan terbatas.

"Saat ini mahasiswa sudah melaksanakan perkuliahan secara tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," ujarnya.

Kemudian, salah seorang mahasiswa UHO Kendari, Eka Puspitasari mengatakan, apapun keputusan dan peraturan kampus yang berlaku saat ini, ia yakin bahwa hal tersebut sudah dipertimbangkan secara matang.

Baca Juga: Undip Raih Juara Utama Debat Penegakan Hukum Pemilu Perguruan Tinggi se-Indonesia ke-2

"Ini kan juga demi kebaikan mahasiswa-mahasiswa UHO sendiri," ucapnya

Lanjut ia berharap, keadaan Kota Kendari khususnya bisa segera membaik, sehingga segala kegiatan bisa berjalan secara normal kembali seperti sebelum munculnya COVID-19.

"Kalau virus ini hilangkan, segala aktivitas baik itu dalam hal pendidikan maupun perekonomian bisa berjalan normal lagi," ujarnya. (A-Adv)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga