UHO Kendari Siap Kolaborasi Sukseskan Pemilu 2024

Musdar, telisik indonesia
Minggu, 04 September 2022
0 dilihat
UHO Kendari Siap Kolaborasi Sukseskan Pemilu 2024
UHO siap berkolaborasi dengan Bawaslu dan KPU untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024. Foto: Musdar/Telisik.

" Universitas Halu Oleo (UHO) Kota Kendari siap berkolaborasi dengan KPU dan Bawaslu, di dalam menghadapi penyelenggaraan Pemilu 2024 yang mempunyai tingkat kerumitan dan kompleksitas sangat tinggi "

KENDARI, TELISIK.ID - Universitas Halu Oleo (UHO) Kota Kendari siap berkolaborasi dengan KPU dan Bawaslu, di dalam menghadapi penyelenggaraan Pemilu 2024 yang mempunyai tingkat kerumitan dan kompleksitas sangat tinggi.

Rektor UHO Kendari, Prof Muhammad Zamrun Firihu dalam sosialisasi penanganan pelanggaran bersama penyelenggara pemilu mengungkapkan, agar pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan sukses maka diperlukan peran serta seluruh pihak termasuk peran universitas.

Menurut Zamrun, peran universitas sangat dibutuhkan demi suksesnya penyelenggaraan pemilu. Sebab menurut Zamrun, kampus menjadi tempat yang tepat untuk mendiskusikan persoalan kepemiluan dengan segala tantangannya.

KPU dan Bawaslu dapat membangun diskusi pendidikan politik bersama mahasiswa UHO yang selanjutnya, mahasiswa dapat memahami dan mengajarkan kembali kepada masyarakat.

Selain KPU dan Bawaslu provinsi, KPU juga Bawaslu di 17 kabupaten/kota juga dapat membangun kolaborasi dengan mahasiswa UHO.

Baca Juga: Pilih Pj Wali Kota Kendari yang Tak Punya Kedekatan Emosional dengan Parpol

Zamrun menyebut, UHO memiliki sekitar 40 ribu mahasiswa yang berasal dari 17 kabupaten/kota di Sultra.

Setiap tahun, UHO memberangkatkan masing-masing sekitar 3 ribu mahasiswa pada Januari dan Agustus ke desa-desa di Sultra, dalam rangka Kuliah Kerja Nyata (KKN) reguler.

"Lalu peluang apa yang bisa ditangkap oleh KPU dan Bawaslu 17 kabupaten/kota? Saat mahasiswa turun ke desa, KPU maupun Bawaslu dapat menemui mahasiswa berdiskusi dan merangsang program untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat," ucap Zamrun, Minggu (4/9/2022).

Selain KKN reguler, UHO juga memberangkatkan mahasiswa untuk KKN tematik. Zamrun mengungkapkan, bisa saja tema KKN tematik tahun 2023 tentang kepemiluan.

Baca Juga: Partai Baru, Parsindo Kendari Optimis Lolos Jadi Peserta Pemilu 2024

"Jadi saya akan pikir-pikir seperti itu. Jadi tema untuk KKN tematik tahun depan tentang kepemiluan," ungkapnya.

Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu, menyambut baik ide Rektor UHO agar Bawaslu 17 kabupaten/kota menggandeng mahasiswa KKN UHO untuk mensosialisasikan pendidikan politik kepada masyarakat.

"Itu ide yang sangat baik apalagi disampaikan oleh Pak Rektor ya, Bawaslu harus merespon cepat, menindaklanjuti momen itu supaya Bawaslu bisa mengisi ruang itu untuk memberikan pemahaman terkait persoalan pemilu dan apa yang harus dicegah secara bersama," ucapnya. (B)

Penulis: Musdar

Editor: Kardin

Baca Juga