Ujung Oppa jadi Mualaf Setelah Dengar Selawat dari Sabyan Gambus

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 30 Juni 2023
0 dilihat
Ujung Oppa jadi Mualaf Setelah Dengar Selawat dari Sabyan Gambus
Ujung Oppa mantap masuk Islam ketika mendengarkan lantunan selawat dari Sabyan Gambus. Foto: Seruni.id

" Siapa yang tak kenal Ujung Oppa atau Ricky Ujung yang memiliki nama asli Hwang Woo Joong, merupakan seorang mualaf asal Korea yang berkarir di Indonesia "

KENDARI, TELISIK.ID - Siapa yang tak kenal Ujung Oppa atau Ricky Ujung yang memiliki nama asli Hwang Woo Joong, merupakan seorang mualaf asal Korea yang berkarir di Indonesia.

Sebelum memeluk agama Islam, Ujung Oppa sering mendengarkan lantunan adzan yang membuatnya tertarik dan belajar Islam. Ia tertarik karena lantunan adzan yang begitu merdu saat dia berada di Indonesia seperti dikutip dari Sumeks.disway.id

Awal mula Ujung Oppa akhirnya 'terdampar' di Indonesia, yakni sekitar tahun 2004 lalu Ujung Oppa mengikuti pertukaran pelajar dari Korea ke Indonesia. Ujung Oppa ternyata dari keluarga yang menganut berbagai agama.

Baca Juga: Pendeta Ini Mualaf Usai Temukan Kebenaran dalam Islam

Orang tuanya menganut agama Budha, adiknya penganut atheis, dan kakek neneknya penganut khatolik. Ujung Oppa mengaku, bahwa keinginan untuk memeluk Islam sebenarnya telah ada sejak dirinya menginjak usia 14 tahun.

Akan tetapi terbatasnya informasi dan lingkungan membuatnya mengurungkan niatnya mempelajari Islam. Saat Hwang dewasa dan mulai bekerja, dia bekerja sebagai konsultan bagi para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Korea.

Ia menjadi banyak bertemu dengan orang Indonesia yang beragama Islam. Pada saat berkumpul bersama TKI tersebut, dia kagum melihat kebiasaan yang dijalani oleh umat muslim Indonesia.

"Saya sering melihat mereka tiba-tiba ke masjid waktu ngopi bareng. Terus salat cari musala dan bertanya tentang arah kiblat. Mereka nanya ke saya tapi kan saya tidak tahu," tuturnya dilansir dari Wolipop.detik.com.

Menurut Ujung Oppa, orang Indonesia lebih ramah dan murah senyum dibandingkan pekerja dari negara lainnya. Oleh karena itulah dia senang bergaul dengan TKI dari Indonesia.

Baca Juga: Sederet Artis Hollywood Ini Putuskan Mualaf Usai Terkesima dengan Al-Quran

Ketertarikannya pada Islam semakin kuat saat dia bertemu dengan Muhammad Son (Son Ju Yeong), pria yang juga berasal dari Korea yang sudah menjadi mualaf. Muhammad Son menjadi mualaf setelah menikahi wanita Indonesia.

"Aku lihat perubahan hidupnya dia selama satu tahun. Dia sungguh bahagia dan banyak yang berubah," ucapnya kagum.

Puncaknya ia merasakan semakin mantap masuk Islam ketika mendengarkan lantunan selawat dari Sabyan Gambus. Walaupun ia tak mengerti maknanya, akan tetapi hatinya malah merasa bergetar. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga