adplus-dvertising

Ukraina Bantah Pesan Damai Zelensky ke Putin Lewat Jokowi

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Kamis, 07 Juli 2022
477 dilihat
Ukraina Bantah Pesan Damai Zelensky ke Putin Lewat Jokowi
Misi perdamaian Jokowi lewat pesan Ukraina ke Rusia berujung saling bantah. Foto: Repro Kompas.com

" Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Ukraina dan Rusia telah berakhir pada pekan lalu. Namun, kunjungan tersebut rupanya masih meninggalkan cerita yang masih didebatkan hingga hari ini "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Ukraina dan Rusia telah berakhir pada pekan lalu. Namun, kunjungan tersebut rupanya masih meninggalkan cerita yang masih didebatkan hingga hari ini.

Pasalnya saat kunjungan tersebut, Jokowi menyebut telah menyampaikan pesan dari Presiden Ukraina Zelensky untuk Presiden Rusia Vladimir Putin.  Namun pihak Ukraina justru membantah hal tersebut.

Mengutip dari Cnbcindonesia.com, Sekretaris Pers untuk Kantor Presiden Ukraina, Serhii Nikiforov membantah pernyataan Jokowi soal titipan pesan Zelensky kepada Vladimir Putin.


Ia mengatakan kepada media Ukrainska Pravda, bahwa fokus pembicaraan antara Zelensky dan Jokowi di Istana Presiden Ukraina di Kyiv adalah tentang blokade pelabuhan Ukraina. Sebab Indonesia adalah salah satu importir gandum terbesar dari Ukraina.

"Pesan apa pun, jika presiden Ukraina ingin berbicara kepada seseorang, dia akan melakukannya secara terbuka dalam pidato hariannya," kata Nikiforov.

Baca Juga: Imbas Konflik Rusia dan Ukraina, Jokowi: Harga Mie di Indonesia Bisa Naik

Sebelumnya, dalam pidatonya saat berada di Ukraina, Jokowi memang mengutarakan tawaran membawa pesan Zelensky untuk Putin yang akan ia segera temui. Namun tak dijelaskan bagaimana sikap Zelensky kala itu.

"Kami mengapresiasi dukungan Indonesia dan juga dukungan pribadi, personal Anda yang ada di masa perang tersebut untuk memperjuangkan kemerdekaan kami. Kami akan memperjuangkan kemerdekaan kami dan juga kemerdekaan Ukraina dari perang kolonial yang dilancarkan oleh Rusia," kata Zelensky.

Sementara itu, juru bicara Dmitry Peskov melalui kantor berita Rusia TASS, mengkonfirmasi bahwa ada pesan yang dibawa Jokowi dari Zelensky untuk Putin.

Namun, pesan Jokowi kepada Presiden Rusia itu disampaikan secara lisan bukan tulisan.

"Itu bukan pesan tertulis. Hanya itu yang bisa saya sampaikan kepada Anda," kata Peskov saat dikonfirmasi oleh kantor berita TASS pekan lalu.

Baca Juga: Jokowi Instruksikan Polri Kawal Pembangunan IKN dan Acara G20

Dikutip dari Tempo.co, usai lawatan Jokowi ke Ukraina, Rusia kembali melanjutkan serangan ke Ukraina. Rusia menyerang Ukraina sejak 24 Februari 2022. Peperangan di bulan kelima saat ini fokus di Donbas, timur Ukraina.

PBB menyebutkan ada setidaknya 4.700 warga sipil tewas sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari. Jutaan warga sipil mengungsi keluar dari Ukraina akibat agresi ini. Kremlin berulang kali membantah menargetkan wilayah sipil.

Moskow beberapa kali juga menyatakan operasi militer terpaksa harus dilancarkan demi demiliterisasi dan denazifikasi Ukraina. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga