UM Kendari Kembangkan SDM, Bakal Terapkan Program Sarjana dan Lulus Raih Magister

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 25 Juni 2023
0 dilihat
UM Kendari Kembangkan SDM, Bakal Terapkan Program Sarjana dan Lulus Raih Magister
UM Kendari merupakan salah satu universitas swasta yang tengah berbenah menyiapkan SDM yang unggul dan kompeten. Foto: Humas UM Kendari

" Universitas Muhammadiyah (UM) Kendari, merupakan salah satu universitas swasta yang tengah berbenah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan kompeten "

KENDARI, TELISIK.ID - Universitas Muhammadiyah (UM) Kendari, merupakan salah satu universitas swasta yang tengah berbenah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan kompeten.

Rektor UM Kendari, Muhammad Nurdin menyebut, jika akan memperbaiki SDM yang ada di kampus akhlakul karimah itu, dimulai dari tim pengajar.

"Semua dosen kita akan dorong untuk kuliah, kita mulai dari dasar dulu. Ada beberapa nantinya kita akan berikan beasiswa dan sisanya kita carikan jalan untuk tempuh pendidikan," tuturnya pada beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Petinggi UM Kendari Diduga Gelapkan UKT, Ini Kata Rektor

Program kedua adalah meningkatkan pangkat tim pengajar, pengembangan diri dan juga skill yang dimiliki. Mulai dari pengajaran, peningkatan kedisiplinan, kemampuan riset dan penelitian, dan peningkatan AIK (Al Islam Kemuhammadiyaan).

Selain itu juga, UM Kendari menciptakan kampus penggerak, di mana akan menerapkan 7 in 1 atau 7 perguruan tinggi di dalam satu kesatuan dalam pimpinan wilayah Muhammadiyah di Sulawesi Tenggara.

Tujuh universitas tersebut di antaranya UM Kendari, Universitas Buton, Institut Teknologi Bisnis Wakatobi, Institut Sains Teknologi dan Kesehatan, Institut Teknologi Bisnis Muhammadiyah Kolaka, Institut Teknologi dan Sains di Kolaka Utara, Institut Teknologi Bisnis dan Kesehatan di Muna Barat.

Program sarjana menuju magister unggul, di mana mahasiswa mendaftar sarjana namun akan keluar meraih gelar magister yang akan didesain masa perkuliahan 4,5 hingga 5 tahun.

"Sementara kita desain untuk masing-masing fakultas, ini dalam waktu dekat kita akan terapkan, kita akan upayakan mahasiswa yang eligible untuk bisa lanjut tanpa harus berhenti di sarjana saja," tambahnya.

Tak sedikit mahasiswa UM Kendari yang menunjukkan prestasi gemilang, salah satu mahasiswanya menjadi mahasiswa terbaik di Indonesia dan mengikuti pertukaran pelajar di Amerika di Studi of United Institute 2023.

Baca Juga: Tingkatkan SDM, Dikbud Kolaka Utara Kuliahkan 102 Guru PAUD di UM Kendari

Mahasiswa tersebut terpilih menjadi perwakilan UM Kendari yang akan belajar di Amerika dengan lima universitas terkemuka lainnya di Indonesia, seperti Unair, Unhas, UM Kendari, sisanya berasal dari Jambi dan Samarinda.

Staf Humas UM Kendari, Muhammad Nur Djafar Sigaro menerangkan, UM Kendari sendiri telah memiliki 8 fakultas, di antaranya Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEBI) Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan Fakultas Agama Islam.

Untuk saat ini, UM Kendari berusaha meningkatkan akidah dan akhlak mahasiswanya memikiki dasar pemahaman keagamaan yang memadai. Bahkan di UM Kendari mata kuliah keagamaan akan didapatkan hingga lima semester. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga