UMKM Dadakan di Kota Baubau Bermunculan di Sepanjang Area Gerak Jalan 17-an

Elfinasari, telisik indonesia
Selasa, 15 Agustus 2023
0 dilihat
UMKM Dadakan di Kota Baubau Bermunculan di Sepanjang Area Gerak Jalan 17-an
Area jalan yang biasa di gunakan untuk jalan umum kini di manfaatkan pedagang jajanan saat gerak jalan 17-an berlangsung. Foto: Elfinasari/Telisik

" Pada perayaan HUT ke-78 RI di Kota Baubau, banyak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dadakan bermunculan sekitar area gerak jalan 17-an "

BAUBAU, TELISIK.ID - Pada perayaan HUT ke-78 RI di Kota Baubau, banyak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dadakan bermunculan sekitar area gerak jalan 17-an.

Penjual jajanan, Fira menyatakan, lokasi gerak jalan yang dekat dengan rumahnya memberinya peluang besar untuk berjualan. Hal itu biasa dia lakukan ketika ada perayaan acara besar seperti gerak jalan 17 Agustus.

"Kebetulan lokasi gerak jalan dekat rumah, jadi saya manfaatkan untuk menjual," ujarnya, Selasa (15/8/2023).

Baca Juga: Sempat Melonjak, Harga Ikan di Kota Baubau Kembali Stabil

Dia telah berjualan selama tiga hari. Namun, menurut Fira, penjualan pada hari ini merupakan yang terlaris. Dari pop ice saja, ia berhasil meraih pendapatan sebesar Rp 200 ribu, belum termasuk jajanan lain yang dijual.

Penjual Somay, April yang juga berada di lokasi gerak jalan mengungkapkan, ia juga berpindah alih lokasi menjual dan mendapat kenaikan pendapatan. Dalam sehari, ia bisa meraih pendapatan hingga Rp 800 ribu, meningkat dari pendapatan biasanya yang hanya sekitar Rp 500 ribu per hari.

Baca Juga: Juru Parkir di Kota Baubau Raup Untung di HUT ke-78 RI

"Alhamdulillah, pendapatan meningkat saat perayaan besar seperti HUT RI," kata April.

Tampak sejumlah okasi yang biasanya menjadi jalan umum, seperti di Kelurahan Batulo, Kota Baubau, banyak pedagang dadakan yang berjejer di samping jalan sembari menunggu pembeli.

Seorang pembeli, Nova mengatakan, ia membeli jajan untuk menemaninya saat menonton gerak jalan.

"Nonton gerak jalan sambil ngemil aja," tutupnya. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga