UMKM Terkena Dampak Resesi, Politisi PKB Ajak Beli Produk Lokal

Marwan Azis, telisik indonesia
Senin, 10 Agustus 2020
0 dilihat
UMKM Terkena Dampak Resesi, Politisi PKB Ajak Beli Produk Lokal
Produk UMKM. Foto: Repro Antara

" Kita punya banyak kopi lokal, seperti dari Toraja, Flores, Bali, Aceh, dan daerah lainnya. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Sektor ekonomi, termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mengalami dampak dari resesi ekonomi global terlebih ekonomi Indonesia kini berada di jurang resesi.

Seperti diketahui, pandemi COVID-19 yang melanda dunia berdampak pada resesi. Hingga saat ini sudah ada sembilan negara telah mengalami resesi, yakni Amerika Serikat, Jerman, Perancis, Italia, Korea Selatan, Jepang, Hong Kong, Singapura, dan Filiphina.

“Dampak resesi di sana bisa menjalar ke Indonesia,” kata politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid kemarin (9/8/2020). Menurutnya, hubungan dagang dengan negara-negara yang dilanda resesi pasti bermpengaruh pada volume perdagangan Indonesia dengan negara-negara tadi.

Untuk mengantisipasi dan atau meminimalisasi dampak resesi, Wakil Ketua MPR ini  mengajak semua komponen bangsa untuk memikirkan dan melakukan tindakan serta langkah nyata seperti membeli produk lokal yang dihasilkan oleh pelaku UMKM.

Dikatakan, resesi yang terjadi perlu dijadikan pelajaran bagi bangsa ini agar tidak terlalu menggantungkan atau bergantung dengan produk-produk dari negara luar. Supaya tidak bergantung pada produk luar, tapi lebih baik masyarakat membeli produk-produk lokal. “Yang selama ini diproduksi oleh usaha kecil, menengah, dan koperasi,” ujarnya.

Baca juga: Viral Seorang Penghina Islam Ditangkap, Begini Kronologis Kasusnya

Menurut anggota DPR dari Fraksi PKB ini, sebenarnya apa yang dibeli masyarakat dari luar, ada dan dihasilkan oleh para pengusaha lokal, UMKM. Ia mencontohkan masyarakat suka kopi dapat membeli kopi produksi dalam negeri,

“Kita punya banyak kopi lokal, seperti dari Toraja, Flores, Bali, Aceh, dan daerah lainnya,” ujar pria yang akrab disapa Gus Jazil itu.

Membeli produk lokal yang dijalankan oleh para pengusaha UMKM memiliki banyak nilai penting. “Bila volume ekspor turun karena resesi, maka produk yang ada bisa kita serap sendiri,” tuturnya.

Ditambahkan, dengan menyerap produk lokal, maka geliat usaha masyarakat akan tetap terjaga. Nilai lain bila membeli produk lokal, adalah mencintai produksi dalam negeri, memperkuat sendi-sendi perekonomian seperti yang diamanatkan oleh UUD NRI tahun 1945.

“Ayo beli produk UMKM. Membeli produk lokal kalau bukan kita, siapa lagi,” ajaknya

Reporter: Marwan Azis

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga