adplus-dvertising

Undangan Beredar, Hari Ini Dipastikan Presiden Jokowi Lantik Menteri dan Wakil Menteri

Marwan Azis, telisik indonesia
Rabu, 15 Juni 2022
569 dilihat
Undangan Beredar, Hari Ini Dipastikan Presiden Jokowi Lantik Menteri dan Wakil Menteri
Istana Negara, Jakarta. Foto: Liputan6.com

" Kepastian pelantikan menteri dan wakil menteri dalam reshuffle kabinet Rabu (15/6/2022) hari ini, terungkap lewat sebuah undangan yang beredar "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kepastian pelantikan menteri dan wakil menteri dalam reshuffle kabinet Rabu (15/6/2022) hari ini, terungkap lewat sebuah undangan yang beredar di kalangan media.

Dalam foto yang diterima detikcom dari salah seorang pejabat, Rabu (15/6/2022), tertera tulisan 'Pelantikan Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju Sisa Masa Jabatan Periode Tahun 2019-2024 oleh Presiden Republik Indonesia'. Pelantikan dijadwalkan bertempat di Istana Negara, Jakarta, pukul 13.30 WIB.

Para tamu undangan pelantikan diharapkan hadir pukul 12.30 WIB dengan membawa surat undangan dan hasil tes swab PCR yang berlaku 1x24 jam. Pejabat yang diundang tidak bisa mewakilkan kehadirannya kepada orang lain dan wajib memakai masker medis 2 lapis.


Para tamu undangan diharapkan mengenakan PSL bagi pria dan pakaian nasional bagi wanita. Untuk undangan TNI dan Polri diharuskan mengenakan PDU-III.

Baca Juga: Penyakit Mulut dan Kuku Hewan Ternak, Kementan Gulirkan Vaksinasi

Dalam reshuffle kabinet kali ini, Zulkifli Hasan atau Zulhas akan dilantik menjadi Menteri Perdagangan (Mendag) sedangkan Hadi Tjahjanto bakal menjabat Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR). Seorang elite PAN yang dekat dengan Zulhas juga membenarkan informasi ketumnya akan menjadi mendag.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menyatakan, kewenangan reshuffle kabinet sepenuhnya ada pada presiden.

“Jadi yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya presiden. Presiden itu mempunyai hak prerogatif. Presiden mau ganti kapan aja ya terserah presiden, mau hari ini, mau besok, mau lusa, tapi kewenangan itu sepenuhnya ada pada presiden,” kata seskab, merespon pertanyaan wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (14/06/2022).

Baca Juga: Hari Ini Tahapan Pemilu 2024 Dimulai, Berikut Agenda Lengkapnya

Politisi PDIP ini menuturkan, Presiden Jokowi sudah delapan tahun memimpin kabinet pemerintah dan sangat mengetahui kebutuhan dari kabinetnya.

“Itu kewenangan sepenuhnya presiden. Maunya kapan, orangnya dari mana, partainya apa, kebutuhannya apa, presiden yang tahu. Karena pemerintahan ini kan masih dua tahun lagi, sehingga dengan kebutuhan dan kecepatan itu presiden yang memutuskan,” tandasnya. (C)

Penulis: Marwan Azis

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga