Unifit Distributor Kendaraan Listrik di Kota Kendari

Erni Yanti, telisik indonesia
Rabu, 14 Juni 2023
0 dilihat
Unifit Distributor Kendaraan Listrik di Kota Kendari
Berbagai merek kendaraan listrik, salah satunya Gesits dipegang dealer Unifit Id sebagai salah satu distributor motor listrik di Sulawesi Tenggara. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Pemerintah mencanangkan penggunaan kendaraan listrik, Unifit Id Kota Kendari menjadi salah satu distributor motor listrik yang menyediakan beberapa merek untuk dijual di pasaran "

KENDARI, TELISIK.ID - Konversi kendaraan listrik menjadi salah satu upaya pemerintah mempercepat terwujudnya ekosistem kendaraan bermotor listrik  berbasis baterai (KBLL).

Berdasarkan Instruksi Presiden RI Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sebagai Kendaraan Operasional dan atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah, mendukung percepatan target konversi motor bahan bakar minyak ke motor listrik.

Dalam hal ini pemerintah mencanangkan penggunaan kendaraan listrik, Unifit Id Kota Kendari menjadi salah satu distributor motor listrik yang menyediakan beberapa merek untuk dijual di pasaran.

"Kebetulan kami salah satu distributor utama untuk wilayah Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan kami yang pegang motor listrik Gesits," ungkap Dewi, General Manager Unifit Kota Kendari.

Selain itu, pengembangan motor listrik juga dilakukan oleh BUMN (Badan Usaha Milik Negara) melaui Gesits dan menjadi salah satu merek kendaraan listrik yang baru saja diakuisisi Indonesia Battery Corporation (IBC).

Baca Juga: Pemerintah Siapkan 143 Kendaraan Listrik Dipakai Pelaksanaan KTT G20

"Kan ini punya BUMN jadi yang pengadaan-pengadaan itu sekarang diwajibkan menggunakan motor listrik, salah satunya Gesits," ungkap Dewi

Penggunaan kendaraan listrik yang minimalis hemat biaya juga digaung-gaungkan oleh pecinta motor dan mobil listrik dimana tidak perlu lagi repot-repot antre mengisi bahan bakar, hanya cukup pengisian daya di rumah ataupun di stasiun pengisian kendaraan listrik.

Penguatan terhadap kendaraan listrik juga seimbang dengan pengelolaan baterai listrik yang terbuat dari bahan nikel, dimana Sulawesi Tenggara merupakan daerah yang memprodusi nikel mentah untuk diolah terlebih dahulu menjadi baterai kendaraan listrik.

Sementara penggunaan kendaraan dengan mobil listrik, Hyundai juga menjadi salah satu yang mengalokasikan dana besar investasi pabrik mobil listrik dan ekspansi produksi.

"Termasuk Sulawesi Tenggara ini jadi sorotan karena di sini akan dibangun pabrik baterainya, ke depannya pasti lari ke listrik semua," ungkap Asdy Abdi Toyar, Manager Hyundai Kota Kendari.

Baca Juga: PLN Nusa Tenggara Timur Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Perbatasan Timor Leste

Dilansir dari Kompas.id kebutuhan investasi mulai level penambangan hingga pengolahan dan pemurnian nikel menjadi sel baterai akan menentukan cepatnya pengembangan ekosistem kendaraan listrik nasional.

Salain itu, dilansir dari Pajak.com, Kementerian Perindustrian akan terus berupaya menarik investor dunia untuk mengembangkan hilirisasi nikel demi mendukung pengembangan ekosistem industri kendaraan listrik di Indonesia.

Hal ini kata Presiden Joko Widodo, Indonesia dapat memiliki peluang dan kesempatan untuk menjadi negara maju dengan cara membangun ekosistem industri kendaraan listrik. Indonesia, memiliki semua komponen yang dibutuhkan oleh kendaraan listrik, utamanya nikel. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga