Unik, Bahasa di Negara Ini hanya Miliki 250 Kata

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 04 Februari 2024
0 dilihat
Unik, Bahasa di Negara Ini hanya Miliki 250 Kata
Toki Pona adalah bahasa buatan juga dikenal sebagai conlang dengan kosakata yang sedikit yang diciptakan oleh ahli (Sonja Lang) bahasa asal Kanada. Foto: Kolase

" Bahasa merupakan alat komunikasi sosial yang berupa sistem simbol bunyi yang dihasilkan dari ucapan manusia "

OTTAWA, TELISIK.ID - Bahasa merupakan alat komunikasi sosial yang berupa sistem simbol bunyi yang dihasilkan dari ucapan manusia.

Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan sarana untuk berinteraksi dengan manusia lainnya di masyarakat.

Untuk kepentingan interaksi tersebut, maka dibutuhkan suatu wahana komunikasi yang disebut bahasa. Salah satunya adalah Toki Pona.

Toki Pona adalah bahasa buatan juga dikenal sebagai conlang dengan kosakata yang sedikit yang diciptakan oleh ahli (Sonja Lang) bahasa asal Kanada.

Toki Pona pertama kali diterbitkan secara online pada Agustus 2001. Ini adalah bahasa mirip pidgin sederhana berdasarkan pengalaman manusia universal yang dirancang untuk mengekspresikan sebanyak mungkin dengan suara dan kata yang relatif sedikit. Nama toki pona berarti "bahasa yang baik" atau "bahasa yang sederhana" seperti dilansir dari Omniglot.com.

Baca Juga: Negara Ini Rela Bayar Mahal Warga Asing Demi Tinggal di Wilayahnya

Mengutip Wikipedia.com, Toki Pona tidak didesain sebagai bahasa pembantu internasional. Bahasa ini justru lebih banyak diilhami oleh filsafat Taoisme.

Sewaktu mendesain bahasa ini, Lang menentukan proses pemakainya yang dipikirkan, ia mengandalkan dan mempertunjukkan hipotesis Sapir-Whorf.

Kumpulan 137 kata yang tercantum di bawah ini (dikenal di Toki Pona sebagai nimi ku suli) adalah kata-kata yang ditekankan sebagai kosakata penting dalam buku Kamus Toki Pona (2021) karya Sonja Lang.

Toki Pona hanya memiliki 120, 123, atau 125 kata dasar dan hanya memiliki 14 bunyi dasar yang dipilih agar mudah diucapkan oleh siapa saja, apa pun latar belakang bahasanya.

Ke-123 kata dasar tersebut dapat digabungkan menjadi banyak kata majemuk. Sebagian besar kata mempunyai beberapa arti dan konteks membantu menentukan arti tertentu yang dimaksudkan.

Kata Toki Pona berasal dari berbagai bahasa, antara lain Inggris, Esperanto, Finlandia, Acadian Prancis, Kroasia, Jepang, Georgia, Lojban, Belanda, Tonga, Tok Pisin, Mandarin, Kanton, dan Welsh.

Banyak alternatif cara yang telah dirancang untuk menulis Toki Pona, antara lain: sitelen pona, sitelen pona pona, Aksara Toki Pona (sitelen pi toki pona) dan sitelen sitelen.

Ada cara untuk menulis Toki Pona dengan Emoji, skrip Runic dan Tengwar, dengan alfabet lain, seperti Cyrillic dan Yunani. Hal ini juga dapat dikomunikasikan dengan isyarat tangan.

Ada beberapa ribu orang yang mempunyai pengetahuan tentang Toki Pona. Berdasarkan sensus komunitas Toki Pona yang dilakukan pada April 2021, 653 orang, dari 1.000 orang yang menjawab, mengaku mengetahui bahasa tersebut, dan 165 orang menganggap dirinya fasih atau sudah mahir.

Toki Pona digunakan terutama secara online di grup, forum, dan media sosial lainnya seperti Discord, Facebook, dan Reddit.

Baca Juga: 600 Persen Wilayah Daratan Arab Saudi Menghijau, Hadis Nabi tentang Kiamat Dekat?

Contoh teks dalam Toki Pona

sendirian - sebuah puisi

ijo li moku e mi.

aku tipu muslihat pakala.

pimeja li tawa insa kon mi.

jan ala li ken sona e pilin ike mi.

toki musi o, sina jan pona mi wan taso.

telo pimeja ni li telo loje mi, li ale mi.

tenpo ale la pimeja li lon.

ingin taso

Terjemahan

Saya dilahap.

Saya harus menghancurkan.

Kegelapan memenuhi jiwaku.

Tidak ada yang bisa memahami penderitaan saya.

Wahai puisi! Satu-satunya teman saya.

Tinta ini adalah darahku, adalah hidupku.

Dan Kegelapan akan memerintah selamanya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga