Unik: Bayi Ini Lahir Sudah Punya 2 Gigi

Sasmiraza, telisik indonesia
Minggu, 26 Desember 2021
0 dilihat
Unik: Bayi Ini Lahir Sudah Punya 2 Gigi
Ilustrasi seorang bayi yang sudah memiliki 2 gigi saat lahir. Foto: Repro Alodokter.com

" Bayi perempuan lahir dengan kondisi memiliki dua gigi seri bawah di RSUD Aek Kanopan, Labuhanbatu Utara (Labura), Sumut "

LABURA, TELISIK.ID - Belum lama ini, seorang bayi perempuan lahir dengan kondisi tak biasa di RSUD Aek Kanopan, Labuhanbatu Utara (Labura), Sumatera Utara (Sumut).

Saat dilahirkan, bayi perempuan tersebut telah memiliki dua gigi seri bawah.

"Ya benar. Kondisinya sehat dan jenis kelaminnya perempuan," kata Direktur RSUD Aek Kanopan Dr Juri Freza, dikutip dari detik.com

Dr Freza mengatakan, bayi ini lahir pada Jumat (10/12/2021) silam, dengan berat 2,4 kilogram dan panjang 48 cm. Proses persalinannya dilakukan dengan operasi sesar.

Orang tua bayi ini merupakan warga Desa Sidua-dua, Kecamatan Kualuh Selatan, Labura. Bayi ini merupakan anak ketiga dalam keluarga tersebut.

"Kedua kakaknya juga dilahirkan melalui operasi sesar. Karena itu persalinan bayi ini pun harus melalui sesar juga," ujar Freza.

Kondisi yang dialami bayi ini, lanjut Dr Freza, bukanlah suatu kondisi yang mengkhawatirkan. Meski jarang ditemui, dia mengatakan kondisi ini masih dalam tahap kondisi yang normal.

"Kalau saya berpendapat ini diarahkan saja ke pikiran positif. Ini merupakan kelebihan atau keistimewaan dari Tuhan," tambah Freza.

Dr Freza menyebutkan, saat ini kondisi bayi dan ibunya dalam keadaan sehat. Keduanya juga telah pulang ke rumah.

Kondisi tersebut kemungkinan dinamai dengan natal teeth atau gigi natal.

Dikutip dari laman Healthline, hal ini bisa disebabkan oleh kondisi medis tertentu, ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan peluang bayi lahir dengan gigi.

Baca Juga: Petani di NTT Ditemukan Tewas di Sawah, Berikut Kronologinya

Sekitar 15 persen bayi yang lahir dengan gigi memiliki anggota keluarga yang sebelumnya juga memiliki gigi natal saat mereka lahir. Ini termasuk saudara kandung dan orang tua.

Meskipun ada penelitian yang saling bertentangan soal peran jenis kelamin dan gigi natal, jenis kelamin perempuan tampaknya lebih mungkin mengalami hal ini ketimbang laki-laki.

Sebagian besar kasus gigi natal hanya melibatkan satu gigi saja. Terlahir dengan banyak gigi bahkan lebih jarang terjadi.

Baca Juga: Awal Januari 2022, Proyek Dana Pinjaman di Muna Dilaksanakan

Biasanya, gigi depan bawah adalah yang paling umum ditemui, diikuti oleh gigi depan atas. Kurang dari 1 persen bayi dengan gigi natal lahir dengan gigi geraham. (C)

Reporter: Sasmiraza

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga