Unik: NASA Duluan Rayakan Tahun Baru 2023 di Planet Ini

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 29 Desember 2022
0 dilihat
Unik: NASA Duluan Rayakan Tahun Baru 2023 di Planet Ini
NASA merayakan Tahun Baru 2023 pada 26 Desember 2022 lalu di Planet Mars. Penetapan tahun baru itu berdasarkan penghitungan ilmuwan saat Mars mencapai ekuinoks musim semi utara pada tahun 1955. Foto: Repro Bbcindonesia.com

" Belum lama ini NASA mengunggah merayakan Tahun Baru 2023 di Mars pada 26 Desember 2022 lalu "

KENDARI, TELISIK.ID - Kita umumnya mengetahui jika Tahun Baru 2023 jatuh pada 1 Januari. Rupanya hal ini tak berlaku di luar angkasa. Pasalnya, belum lama ini NASA mengunggah merayakan Tahun Baru 2023 di Mars pada 26 Desember 2022 lalu.

Hal ini diketahui dari cuitan NASA di Twitter. Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat itu menyebut, Tahun Baru di Mars jatuh pada tanggal 26 Desember, seperti dilansir dari Buddyku.com.

Mengutip Indozone.id, NASA mengatakan, penetapan tahun baru itu berdasarkan penghitungan ilmuwan saat Mars mencapai ekuinoks musim semi utara pada tahun 1955.

"Titik yang ditetapkan secara acak untuk memulai, tapi sangat berguna untuk memiliki sistem," tulis NASA di Twitter.

Baca Juga: Ilmuwan Ciptakan Vagina On A Chip

Baca Juga: Ilmuwan Kembangkan Mata Bionik Bikin Orang Buta Bisa Melihat Lagi

Melansir Detik.com, posisi Mars lebih jauh dari Matahari ketimbang Bumi, planet tersebut membutuhkan waktu dua kali lebih panjang untuk mengelilingi Matahari. Satu tahun di Mars setara dengan 687 hari di Bumi.

Satu hari di Mars atau satu sol juga sedikit lebih lama dibandingkan di Bumi. Durasi satu sol di Mars kira-kira 24 jam, 39 menit dan 35 detik.

"Memberi nomor tahun di Mars membantu para ilmuwan untuk mengikuti pengamatan jangka panjang, seperti data cuaca yang dikumpulkan oleh pesawat antariksa NASA selama beberapa dekade," sambung NASA. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga