Upacara HUT ke-78 RI, Jalan Menuju Istana Merdeka Ditutup 24 Jam

Mustaqim, telisik indonesia
Rabu, 16 Agustus 2023
0 dilihat
Upacara HUT ke-78 RI, Jalan Menuju Istana Merdeka Ditutup 24 Jam
Jalan Medan Merdeka Barat, salah satu jalan yang akan ditutup jelang upacara HUT ke-78 RI di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Mustaqim/Telisik

" Peringatan HUT ke-78 RI dipusatkan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023) besok. Sejumlah ruas jalan yang menuju istana pun ditutup untuk kelancaran prosesi sakral tahunan itu yang akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo "

JAKARTA, TELISIK.ID - Peringatan HUT ke-78 RI dipusatkan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023) besok. Sejumlah ruas jalan yang menuju istana pun ditutup untuk kelancaran prosesi sakral tahunan itu yang akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Meski upacara peringatan HUT Ke-78 RI dimulai sekitar pukul 09:30 WIB, namun rangkaian acara sudah dimulai sejak pukul 06:00 WIB yang ditandai oleh kirab budaya. Mendukung kelancaran rangkaian acara tersebut, sejumlah ruas jalan yang menuju Istana Merdeka akan ditutup.

“Penutupan akan dimulai malam ini (Rabu malam) mulai pukul 00:00 WIB sampai besok malam (Kamis malam) pada jam yang sama,” ungkap Bripda Aliyuddin dari layanan Call Center 110 Polri kepada Telisik.id, Rabu (16/8/2023).  

Baca Juga: Densus 88 Tangkap Karyawan BUMN, Simpan Bendera ISIS dan 18 Senjata Api Mematikan

Karena sejumlah ruas jalan menuju istana akan ditutup mulai malam ini pukul 00:00 WIB hingga Kamis malam pukul 00:00 WIB, itu berarti penutupan berlangsung selama 24 jam.  

Alih arus sekitar istana negara dalam peringatan HUT ke-78 RI. Foto: Ist.

Ruas jalan yang akan ditutup yakni Jalan Merdeka Barat, Jalan Merdeka Utara, Jalan Veteran Raya, Jalan Veteran I, II, dan III, Jalan Majapahit dari arah Harmoni, Areal Silang Monas, Jalan Museum dan Jalan Budi Kemuliaan dari arah Jalan Abdul Muis.  

Kendaraan yang datangnya dari arah bundaran air mancur akan dialihkan menuju Jalan Budi Kemuliaan selanjutnya ke Jalan Abdul Muis lalu ke Jalan Majapahit kemudian ke Harmoni dan seterusnya.  

Pilihan lain bagi kendaraan yang datangnya dari arah bundaran air mancur adalah belok kanan ke Jalan Merdeka Selatan lalu ke Jalan Merdeka Timur.  

Sementara arus lalu lintas dari Jalan Merdeka Selatan yang akan menuju Harmoni/Kota akan dialihkan menuju Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis-Jalan Majaphit-Harmoni/Kota dan seterusnya.  

Untuk kendaraan dari pertigaan Pertamina/Pejambon yang akan menuju Jalan Merdeka Utara akan dialihkan ke Jalan Merdeka Timur-Jalan Perwira-Jalan Lapangan Banteng-Jalan Pejambon-Jalan Merdeka Timur-Tugu Tani-Jalan Ridwan Rais-Jalan Merdeka Selatan-Bundaran Air Mancur dan seterusnya.  

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 59 Dibuka, Ini Tips Jitu Agar Rp 4,2 Juta Bisa Cair

Kemudian kendaraan dari traffick light Harmoni yang akan menuju Jalan Majapahit akan diarahkan ke Jalan Ir. H. Juanda-Pintu Air-Jalan Pos-Jalan Lapangan Banteng-Jalan Pejambon-Jalan Merdeka Timur-Tugu Tani-Jalan Merdeka Timur-Jalan Merdeka Selatan dan seterusnya.  

Arah dari Stasiun Kota ke Harmoni, kendaraan akan diarahkan ke kiri di traffick light Olimo-Jalan Mangga Besar-Jalan Gunung Sahari-Jalan Wiryo Pranoto-Jalan Pecenongan-Jalan Samanhudi-Jalan Gunung Sahari.

Alternatif lain bagi kendaraan dari arah Stasiun Kota yang akan menuju Harmoni yakni dialihkan ke kanan ke Jalan Zainul Arifin. (B)

Penulis: Mustaqim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga