adplus-dvertising

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka Berlangsung Sederhana

Marwan Azis, telisik indonesia
Senin, 17 Agustus 2020
936 dilihat
Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka Berlangsung Sederhana
Presiden Joko Widodo memakai baju adat Timor Tengah Selatan. Foto: Tangkapan Layar Youtube Setpres

" Laksanakan. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, pagi ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena digelar di tengah pandemi COVID-19.

Tamu yang hadir langsung ke Istana Merdeka pun dibatasi. Hanya tampak Presiden bersama Ibu Negara, Wakil Presiden bersama ibu, Ketua MPR-RI, Ketua DPR-RI dan Ketua DPD-RI serta Panglima TNI, sementara undangan lainnya mengikuti secara virtual.

Presiden Jokowi  menjadi inspektur upacara. Jokowi terlihat memakai baju adat Timor Tengah Selatan dari Nusa Tenggara Timur serta memakai masker seperti tamu undangan lainnya yang hadir di Istana Merdeka.


Kolonel Inf. Muhammad Imam Gogor, A.A. didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Pria kelahiran Kediri, 16 Februari 1977  ini merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1998. Saat ini ia menjabat sebagai Asops Paspampres.

Adapun bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigadir Jenderal TNI Syafruddin, S.E., M.M., M.Tr (Han). Lahir di Wajo, 3 Agustus 1964, saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I Jakarta, yang merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1989.

Upacara bendera ditandai dengan bunyi sirene dan Komandan Upacara Kolonel Inf Muhammad Imam Gogor lalu melapor kepada Presiden Jokowi bahwa upacara siap dimulai. Jokowi memerintahkan untuk dilanjutkan. "Laksanakan!" kata Jokowi.

Baca juga: 75 Tahun Indonesia Merdeka, Kesempatan Anak-Anak Muda Berkiprah

Selain itu, sejumlah tentara juga ditugaskan menembakan meriam. Tapi upacara peringatan HUT ke-75 RI tahun ini tak menghadirkan parade pesawat terbang yang biasanya melintasi udara Istana Merdeka, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Rangkaian upacara dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo lalu mengheningkan cipta. Menag Fachrul Razi akan memimpin doa.

Setelah itu, pengibaran bendera Merah Putih. Tahun ini, jumlah anggota Paskibraka dibatasi hanya 3 anggota Paskibraka Nasional 2020 yang tergabung dalam Tim Sabang yaitu Indrian Puspita Rahmadani, Muhammad Adzan dan I Gusti Agung Bagus Kade Sanggra Wira Adhinata.

Indrian Puspita Rahmadhani dari Provinsi Aceh terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Lahir di Bireuen, 10 November 2003, Indrian saat ini menempuh pendidikan di SMAN 1 Bireuen.

Dua orang lainnya dari tim tersebut yang akan mengibarkan bendera Merah Putih ialah Muhammad Adzan dari Provinsi Nusa Tenggara Barat yang bertugas sebagai komandan kelompok sekaligus pembentang bendera dan I Gusti Agung Bagus Kade Sanggra Wira Adhinata dari Provinsi Bali yang bertugas sebagai penggerek bendera.

Reporter: Marwan Azis

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga