Upaya Baubau Rebut Kota Sehat

Elfinasari, telisik indonesia
Sabtu, 01 April 2023
0 dilihat
Upaya Baubau Rebut Kota Sehat
Suasana pengawasan Kota Sehat oleh Satpol PP Baubau di Pasar Wameo. Foto: Elfinasari/Telisik

" Penghargaan Swasti Saba adalah penghargaan yang diberikan setiap 2 tahun sekali oleh Kemendagri dan Kemenkes kepada kota/kabupaten yang berhasil menyelenggarakan tatanan dalam program kabupaten/kota sehat (KKS) "

BAUBAU, TELISIK.ID - Penghargaan Swasti Saba adalah penghargaan yang diberikan setiap 2 tahun sekali oleh Kemendagri dan Kemenkes kepada kota/kabupaten yang berhasil menyelenggarakan tatanan dalam program kabupaten/kota sehat (KKS).

Pemerintah Kota Baubau menginstruksikan kepada sejumlah instansi untuk melakukan penataan dan pengawasan ketat mulai 26 Maret hingga Oktober 2023 mendatang untuk dapat meraih penghargaan Swasti Saba sebagai kota sehat.

Menurut Kasatpol PP Kota Baubau, La Ode Muhammad Takdir, kegiatan itu akan melibatkan seluruh anggota Satpol PP Baubau serta instansi terkait lainnya.

Baca Juga: Harga Bahan Pokok di Kota Baubau Naik Drastis Sepekan Ramadan

"Kita akan bekerja keras untuk mencapai target ini. Kita akan melakukan penataan kota dan pengawasan yang lebih ketat, terutama di pasar agar Baubau bisa meraih penghargaan Swasti Saba sebagai kota sehat," ujarnya, Sabtu (1/4/2023).

Satpol PP Kota Baubau telah membentuk tim yang terdiri dari 3 peleton, 1 peleton berjumlah 35 sampai 40 orang yang bekerja berdasarkan sift mulai pukul 07.00-15.00 Wita.

"Kami khawatir masyarakat menjual di sembarang tempat karena tim penilai Swasti Saba setiap saat bisa turun menilai dan datang kapan saja," tuturnya.

Baca Juga: Polemik Tarif Tiket Kapal Cepat Rute Kendari-Raha-Baubau, Ombudsman Sulawesi Tenggara Turun Tangan

Menurut seorang pedagang sembako di pasar rakyat Wameo, Sita mengaku Satpol PP melarang pedagang menjual di sembarang tempat. "Termasuk di jalan," ujarnya.

Sementara itu, pedagang lain Nine juga mengharapkan, kegiatan iu dapat memperbaiki kondisi lingkungan hidup di Kota Baubau.

"Kita harus bersama-sama menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di Baubau agar dapat meraih penghargaan kota sehat," tuturnya. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga