Upaya Layanan Kesehatan Mental, Pemkot Kendari dan Dinsos Tangani ODGJ

Erni Yanti, telisik indonesia
Minggu, 16 Juni 2024
0 dilihat
Upaya Layanan Kesehatan Mental, Pemkot Kendari dan Dinsos Tangani ODGJ
Pemerintah Kecamatan Kendari bersama Dinas Sosial Kota Kendari menertibkan Orang Dalam Ganguan Jiwa (ODGJ). Foto: Ist

" Pemerintah Kecamatan Kendari bersama Dinas Sosial Kota Kendari menertibkan Orang dalam Ganguan Jiwa (ODGJ) yang berlokasi di Kelurahan Mangga Dua dengan inisial (MA) "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kecamatan Kendari bersama Dinas Sosial Kota Kendari menertibkan Orang dalam Ganguan Jiwa (ODGJ) yang berlokasi di Kelurahan Mangga Dua dengan inisial (MA), pada Kamis (13/6/2024).

Sekretaris Camat Kendari, Susianti Hafid mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari telah mengambil langkah signifikan dalam menangani Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dengan membawa mereka ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ).

Langkah ini bertujuan untuk memberikan perawatan dan penanganan medis yang tepat bagi ODGJ, sehingga mereka bisa mendapatkan penanganan yang lebih baik dan meningkat.

Baca Juga: Penumpang Kapal Cepat Kendari Baubau Kesal Keberangkatan Tidak Sesuai Jadwal, Penyedia Jasa Meminta Maaf

Ini juga merupakan bagian dari upaya Pemkot Kendari, untuk meningkatkan layanan kesehatan mental dan memastikan bahwa ODGJ mendapatkan akses ke fasilitas kesehatan yang memadai.

Kecamatan Kendari Bersama Dinsos Tangani ODGJ. Foto: Ist

 

“Alhamdulillah, dengan adanya koordinasi dari kecamatan dan Kelurahan Mangga Dua hari ini, ODGJ tersebut telah diantar ke rumah sakit jiwa oleh pihak Dinsos tanpa ada perlawanan dari ODGJ tersebut dengan persetujuan keluarga,” ungkapnya.

Baca Juga: Wakili Kota Kendari, Kelurahan Watulondo Optimis Menang Lomba Kelurahan di Tingkat Provinsi

Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat melaporkan ke dinas atau pihak terkait agar ODGJ dapat menerima perawatan yang dibutuhkan dan memperoleh dukungan yang lebih baik dari masyarakat, sehingga mereka dapat menjalani hidup yang lebih sehat.

Kecamatan Kendari Bersama Dinsos Tangani ODGJ. Foto: Ist

 

“Perlu kami tekankan kepada masyarakat, apabila ada sanak saudara atau kenalan yg ada keluarganya dalam ODGJ. Silakan koordinasi ke wilayah setempat atau pihak Dinas Sosial, agar difasilitisasi untuk ditangani,” jelasnya. (C-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga