Upaya Pemda Muna Barat Tekan Angka Kemiskinan

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 02 Februari 2023
0 dilihat
Upaya Pemda Muna Barat Tekan Angka Kemiskinan
Pemberian secara simbolis BPJS Ketenagakerjaan bagi masyarakat pekerja rentan oleh Direktur Kepesertaan BPJS RI. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Angka kemiskinan di Muna Barat mengalami kenaikan di tahun 2023, pemerintah daerah fokus pengentasan kemiskinan dengan memberikan jaminan sosial bagi masyarakat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Angka kemiskinan di Muna Barat mengalami kenaikan di tahun 2023, pemerintah daerah fokus pengentasan kemiskinan dengan memberikan jaminan sosial bagi masyarakat.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, jumlah penduduk masyarakat saat ini mencapai 87.842 jiwa berdasarkan hasil sensus kesejahteraan di Desember 2022 lalu, dengan itu masyarakat miskin di Muna Barat terdapat 11,56 ribu atau 13,85 persen.

"Dari jumlah itu, ada 2.420 kurang lebih 2,89 mendekati angka 3% masyarakat miskin ekstrem," ungkap Bahri, Rabu (1/2/2023).

Baca Juga: Progres Pembangunan Asrama Mahasiswa Muna Barat Rampung di 2024

Jika dilihat angka kemiskinan dari garis kemiskinan 382 ribu sekian dapat dilihat dari penghasilan masyarakat tiap per bulan tidak mencapai Rp 11 ribu. Sehingga pemerintah daerah terus mengentas permasalahan kemiskinan ekstrem tersebut, salah satunya dengan memastikan kesehatan masyarakat 100% terbuka.

Untuk itu, seluruh penduduk Muna Barat telah didaftarkan ke BPJS sebagai bagian dari UHC, dan Muna Barat menjadi kabupaten pertama se-Indonesia yang memiliki program kesehatan 100 persen terbuka bagi seluruh penduduknya.

"Kita juga siapkan anggaran bagi disabilitas, tidak mempunyai NIK, masyarakat Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), telah disiapkan anggarannya di APBD," pungkasnya.

Selain itu, 2.270 non ASN dan 10.424 pekerja rentan di Muna Barat telah didaftarkan ke BPJS Ketenagakerjaan untuk dua program yaitu jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

Untuk itu, ia meminta agar seluruh pegawai ber KTP di Muna Barat untuk memenuhi cakupan BPJS Ketenagakerjaan, sehingga nantinya bisa didaftarkan 100 persen pada BP Jamsostek.

Baca Juga: Masjid Tua di Muna Barat Tak Mampu Lagi Tampung Jemaah

Sementara itu, Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan RI, Zainudin mengatakan, pemerintah meminta diintervensi kepada masyarakat kategori miskin ekstrem dengan memberikan jaminan sosial.

Sehingga ia sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan bagi Kabupaten Muna Barat, pasalnya pemerintah daerah Muna Barat mampu melindungi masyarakatnya dengan program BPJS.

"Saya yakin Muna Barat akan lebih cepat memenuhi perlindungan jaminan sosial secara 100 persen bagi masyarakatnya," ungkapnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga