Update Palestina, dari Korban Tewas hingga Pembebasan Tahanan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 29 November 2023
0 dilihat
Update Palestina, dari Korban Tewas hingga Pembebasan Tahanan
Anak-anak Palestina yang terluka dalam pemboman Israel di Jalur Gaza dirawat di Rumah Sakit al Aqsa di Deir al Balah, 21 November 2023. Foto: Aljazeera.com

" Gencatan senjata tengah dilakukan oleh Hamas dan Israel selama empat hari. Lebih dari 234.000 unit rumah juga rusak di jalur Gaza dalam sebuah laporan baru. Jumlah ini mencakup lebih dari 60 persen persediaan perumahan di daerah kantong kecil di pesisir pantai "

GAZA, TELISIK.ID - Gencatan senjata tengah dilakukan oleh Hamas dan Israel selama empat hari. Lebih dari 234.000 unit rumah juga rusak di jalur Gaza dalam sebuah laporan baru. Jumlah ini mencakup lebih dari 60 persen persediaan perumahan di daerah kantong kecil di pesisir pantai.

Khususnya di Kota Gaza dan Gaza utara, pemboman besar-besaran telah mengakibatkan kerusakan pada lebih dari 50 persen seluruh bangunan, “di samping kerusakan luas pada jalan dan infrastruktur penting seperti sistem tenaga listrik dan jaringan distribusi, serta tangki penyimpanan air, pipa, jaringan pasokan dan saluran drainase,” kata laporan itu dilansir dari Aljazeera.com.

Hingga saat ini mediator Qatar mengatakan, Israel dan Hamas setuju untuk menghentikan pertempuran selama 48 jam lagi.

Baca Juga: Israa Jaabis, Warga Palestina Cacat Fisik Usai Ditahan 8 Tahun Oleh Israel

Tiga puluh tiga warga Palestina dibebaskan dari penjara Israel pada pertukaran keempat, sementara Palang Merah mengatakan mereka memfasilitasi pembebasan dan pemindahan 11 tawanan Israel.

Dua warga Palestina dibunuh oleh pasukan Israel di Tepi Barat yang diduduki, lebih dari 15.000 warga Palestina telah terbunuh di Gaza. Sedangkan di Israel, jumlah korban tewas mencapai 1.200 orang.

Baca Juga: Deretan Update Palestina Selama 49 Hari, Terbaru Israel Klaim Air Hujan Miliknya

Sementara itu, di tengah gencatan senjata, tentara Israel tetap melakukan serangan mematikan di Tepi Barat jalur Gaza setidaknya lima warga Palestina dibunuh di Jenin, sementara satu orang tewas di desa Yatma di Nablus pada Minggu 26 November 2023.

Menurut Kementerian Kesehatan Palestina, enam warga Palestina yang dibunuh pasukan Israel termasuk satu anak di bawah umur di Tepi Barat yang diduduki. Hal itu membuat jumlah total warga Palestina yang terbunuh di Tepi Barat menjadi 239 orang sejak 7 Oktober 2023 dikutip dari Tempo.co. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga