Update Real Count KPU Pilkada Konsel, Petahana Masih Unggul

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Sabtu, 12 Desember 2020
0 dilihat
Update Real Count KPU Pilkada Konsel, Petahana Masih Unggul
Tampilan data perolehan suara Pilkada Konsel di Sirekap KPU. Foto: Screenshot real count KPU

" Kita sama-sama bersabar hingga ada keputusan dari KPU. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Perhitungan suara real count sementara di Pilkada Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) terus berlangsung.

Data di laman resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU), Paslon nomor urut 02 yakni Surunuddin Dangga-Rasyid (SUARA) masih mendominasi atau unggul sementara dari Paslon nomor urut 03, Muh. Endang-Wahyu Ade Pratama (EWAKO) dan Paslon nomor urut 01, Rusmin Abdul Gani-Senawan Silondae (RAG-SS).

Suara yang masuk di laman Sirekap KPU sejauh ini, per Sabtu (12/12/2020) pukul 13.48 Wita, sebanyak 437 TPS (69,15 persen) dari 632 TPS di Konsel.

Paslon SUARA yang merupakan petahana unggul sementara dengan persentase suara masuk 53.648 (45,3 persen). Disusul oleh nomor urut 03, Paslon EWAKO dengan perolehan suara sementara 50.748 (42,9 persen).

Sementara itu, Paslon nomor 01, RAG-SS mendapatkan perolehan suara sementara 13.959 (11,8 persen).

Liaison Officer (LO) Paslon SUARA, La Oke berharap, semua kalangan pendukung Paslon SUARA dapat bersabar dengan proses perhitungan suara yang sementara berjalan.

Baca juga: Pilkada Koltim, Penantang Petahana Unggul di Real Count KPU

"Kita sama-sama bersabar hingga ada keputusan dari KPU," kata La Oke, Sabtu (12/12/2020).

Menurutnya, perolehan suara dari data yang masuk di laman Sirekap KPU saat ini tidak berbeda jauh dari hasil hitung cepat yang telah diperolehnya.

"Artinya, kita juga telah mengantongi hasil perolehan suara dari beberapa TPS yang ada di Konsel, dengan itu kita telah memiliki keyakinan di Pilkada ini," ujarnya.

Untuk diketahui, berdasarkan disclaimer di laman Sirekap KPU tersebut. Data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara adalah data hasil foto formulir Model C.Hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap.

Data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara.

Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam Rapat Pleno terbuka. (B)

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga