Urusan Pertanahan Banyak Dikeluhkan, Kinerja BPN dan PT KAI Disorot

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Kamis, 17 September 2020
0 dilihat
Urusan Pertanahan Banyak Dikeluhkan, Kinerja BPN dan PT KAI Disorot
Anggota DPRD Jatim, Hartoyo. Foto: Try Wahyudi Ari Setyawan/Telisik

" Ini harus diselesaikan di tingkat BPN. Kenapa ini bisa terjadi. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Sejumlah warga Surabaya mengeluhkan permasalahan pertanahan yang berlarut-larut. Kinerja Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai institusi pemerintah dianggap tak beres dalam masalah pertanahan.

Khusus PT KAI, banyak warga di Surabaya mengeluhkan asal main klaim kepemilikan tanah oleh BUMN milik pemerintah tersebut.

Menurut anggota DPRD Jatim Hartoyo, saat turun ke lapangan, banyak warga yang mengeluhkan aksi klaim dari PT KAI atas kepemilikan tanah yang sudah didiami oleh warga.

“Saya mengambil contoh di kawasan sawahan baru Surabaya dimana PT KAI secara terang-terangan mengklaim tanah warga sebagai milik mereka. Ini sangat memprihatinkan sekali,” ungkap politisi Partai Demokrat ini, Kamis (17/9/2020).

Baca juga: Hari Ini CASN Buton Tes SKB

Hartoyo membeberkan permasalahan yang ada di Surabaya antara lain pengajuan sertifikat oleh warga karena luas tanah yang ditempati tidak sesuai dengan sertifikat.

“Ini harus diselesaikan di tingkat BPN. Kenapa ini bisa terjadi,” jelas mantan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Jatim ini.

Pria asal Surabaya ini  juga menyorot main klaim PT KAI soal kepemilikan tanah warga dimana tiba-tiba PT KAI memiliki sertifikat tanah kepemilikan yang sudah didiami warga berpuluh-puluh tahun.

“Saat ini proses hukumnya bahkan sampai masuk ke tingkat banding. Ini langkah yang maju dari warga yang berani membawa ke ranah hukum. Masalah tanah ini sangat krusial sekali sehingga layak diperjuangkan,” tandasnya.

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga