adplus-dvertising

Usai Dilantik Sebagai Wakil Ketua DPR, Lodewijk Langsung Bahas Soal Ini

M Risman Amin Boti, telisik indonesia
Jumat, 01 Oktober 2021
1479 dilihat
Usai Dilantik Sebagai Wakil Ketua DPR, Lodewijk Langsung Bahas Soal Ini
Letnan Jenderal TNI (Purn) Lodewijk Paulus. Foto: Repro kabar24.bisnis.com

" Lodewijk Freidrich Paulus dilantik sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, sisa masa jabatan 2019-2024. "

JAKARTA, TELISIK.ID – Lodewijk Freidrich Paulus dilantik sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, sisa masa jabatan 2019-2024, Kamis (30/9/2021)

Usai dilantik, mantan Danjen Kopassus itu langsung membahas pergantian Panglima TNI dan Pemilu 2024 dengan meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengirim surat presiden sebelum DPR memasuki masa reses, pada 8 Oktober mendatang.

Ia berharap sebelum tanggal 7 Oktober sudah ada Panglima TNI baru.


"Diharapkan sebelum itu dengan masa reses yang insyaAllah selesai tanggal 7 (Oktober) kita sudah bisa memiliki panglima TNI," kata Lodewijk di kompleks DPR-RI, Jakarta Pusat, Kamis (30/9/2021).

Menurut Lodewijk, jika tidak dilakukan sebelum masa reses DPR maka akan ada waktu yang sempit untuk memproses calon Panglima TNI pilihan Jokowi. Sebab, Panglima Hadi akan pensiun tepat 1 Desember 2021.

"Kalau enggak kita menunggu total waktu persiapan sangat sempit," kata Sekjen DPP Golkar itu.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) RI, Pratikno bicara soal kapan Presiden Joko Widodo akan mengirimkan surat Presiden (surpres) terkait Panglima TNI. Akan tetapi, ia mengatakan suprise tersebut tak dikirim hari ini.

"Belum ini tadi barusan saya sampaikan jadi kita akan ajukan secepatnya," ujar Pratikno dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (29/9/2021).

Pratikno menyebut, saat ini Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto masa tugasnya masih sampai akhir November

Baca juga: Gelang Ini Jadi Syarat Masuk dalam Venue PON XX Papua

Baca juga: Erick Thohir Digeser dari Menteri BUMN oleh Wanita Muda, Ini Sosoknya

"Jadi kita masih cukup punya waktu," ujarnya.

Kendati demikian, ia mengatakan bahwa sudah berkomunikasi kepada Ketua DPR Puan Maharani untuk pengusulan surat panglima itu.

"Tapi kita akan lakukan secepatnya dan ada waktu bagi DPR," ujar Pratikno.

Diketahui, Lodewijk resmi dilantik oleh Ketua DPR-RI, Puan Maharani menjadi Wakil Ketua DPR-RI menggantikan mantan koleganya di fraksi Golkar, Azis Syamsudin, pada Kamis (30/9/2021).

Pasalnya, Azis telah ditetapkan oleh KPK terkait dugaan korupsi pemberian hadiah atau janji terkait penanganan perkara di Kabupaten Lampung Tengah tahun 2017, belum lama ini.

Kedudukan Lodewijk, Wakil Ketua DPR Bidang Politik dan Keamanan (KORPOLKAM) sebagai bidang yang strategis di DPR RI membidangi ruang lingkup terkait Pertahanan, Luar Negeri.

Selanjutnya Komunikasi dan Informatika, Intelijen, Dalam Negeri, Sekretariat Negara, Pemilu, Hukum, HAM, dan Keamanan.

Dengan ruang lingkup bidang Korpolkam yaitu Alat Kelengkapan Dewan berupa Komisi (termasuk Komisi I, Komisi II, Komisi III), Badan Kerjasama Antar Parlemen dan Badan Legislasi.

Maka itulah menjadi tugas baru dan kewenangan Lodewijk di DPR untuk membahas pergantian Panglima TNI dan Pemilu 2024. (C)

Reporter: M. Risman Amin Boti

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga