Usai Salat Idul Fitri Viral dan Nyeleneh, Ponpes Al Zaytun Indramayu Bikin Ulah Lagi

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 26 April 2023
0 dilihat
Usai Salat Idul Fitri Viral dan Nyeleneh, Ponpes Al Zaytun Indramayu Bikin Ulah Lagi
Ponpes Al Zaytun Indramayu kembali membuat heboh, saat mengumandangkan adzan yang tidak lazim. Foto Repro Iai-alzaytun.ac.id

" Ponpes Al Zaytun Indramayu kini kembali membuat heboh, saat mengumandangkan adzan yang tidak lazim "

INDRAMAYU, TELISIK.ID - Usai dihebohkan dengan tata cara salat Idul Fitri bercampur dengan jemaah perempuan dan shaf salat dibuat berjarak, kini Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun Indramayu kembali membuat heboh jagat maya.

Ponpes Al-Zaytun dikenal sebagai pesantren yang tertutup. Pesantren di Desa Mekarjaya, Kecamatan Gantar, Indramayu ini bahkan punya kesan eksklusif.

"Memang Al-Zaytun itu kan pesantren di Indramayu, eksklusif, kita tidak bisa intervensi apa-apa dan kalaupun kita tidak suka juga susah, levelnya nasional pun kadang tidak ditanggapin gitu," kata Ketua MUI Indramayu, KH Satori, dilansir dari Detik.com.

Baca Juga: Deker Tinggi Rawan Kecelakaan, Warga Blokir Jalan

Ponpes Al Zaytun Indramayu kini kembali membuat heboh, saat mengumandangkan adzan yang tidak lazim. Beredar di media sosial, video tersebut diunggah salah satu akun TikTok @kafi maulana.

Dalam video kurang dari satu menit tersebut, nampak seorang muadzin, sedang mengumandangkan adzan salat Jumat yang lain dari biasanya.

Sang Muadzin memakai jas lengkap dengan peci hitam. Setiap lantunan kumandang adzan salat Jumat oleh muadzin, selalu diikuti oleh para santrinya disertai dengan shaf salat yang memiliki jarak antar jemaahnya.

Baca Juga: Kehadiran ASN Muna 80 Persen

Masih di dalam video, sang Muadzin melantunkan adzan dengan menghadap para santri, bukan menghadap kiblat sebagaimana mestinya. Tidak dituliskan deskripsi lengkap tentang dimana dan kapan peristiwa Adzan yang "nyeleneh" tersebut.

Hingga kini video tersebut telah disukai sebanyak 93.400 ribu, dan dikomentari sebanyak 13.100 pengguma serta telah di-share sebanyak 6164 kali. Banyak warganet yang menyayangkan kejadian tersebut. Seperti yang diungkapkan oleh akun TikTok @Mengulen yang mengomentari "udah lama zaytun berdiri pesantren yang sangat tertutup, tp knpa lolos dari mui?

Akun TikTok lainnya Mazaya257 menuturkan "pelajaran jika memasukan anak kita k pesantren jangn ckup lihat dri fasilitas tpi kualitas dan sanad keilmuan pengasuh/gurunya," ujarnya diikuti warganet yang lain. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga