Usia yang Tepat Ajarkan Anak Sikat Gigi Menurut Penjelasan Ahli

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 13 September 2023
0 dilihat
Usia yang Tepat Ajarkan Anak Sikat Gigi Menurut Penjelasan Ahli
Kebiasaan menyikat gigi perlu diajarkan kepada anak sejak dini untuk menyadarkan anak menjaga kesehatan sedini mungkin, dimulai dari dirinya sendiri. Foto: Alodokter.com

" Kebiasaan menyikat gigi perlu diajarkan kepada anak sejak dini untuk menyadarkan anak menjaga kesehatan sedini mungkin, dimulai dari dirinya sendiri "

KENDARI, TELISIK.ID - Kebiasaan menyikat gigi perlu diajarkan kepada anak sejak dini untuk menyadarkan anak menjaga kesehatan sedini mungkin, dimulai dari dirinya sendiri.

Hal tersebut dilakukan agar gigi tetap bersih dan selalu terjaga kesehatannya. Akan tetapi yang kerap kali jadi permasalahan, masih banyak orang tua yang bingung di usia berapa anaknya harus diajarkan menyikat gigi.

Melansir Kompas.com, para ahli menganjurkan anak belajar kebiasaan baik ini sebelum gigi pertamanya tumbuh. Anak bisa mulai dikenalkan dengan alat-alat untuk menyikat gigi, seperti dengan mainan.

Baca Juga: Deretan Benda Berbahaya yang Tak Boleh Simpan di Mobil, Berakibat Fatal

Setidaknya di usia enam bulan sehingga lebih familiar dengan kebiasaan sikat gigi. Ketua Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Gigi Indonesia, drg Usman Sumantri, MSc. menyebutkan, para orangtua tidak perlu menunggu hingga gigi pertama muncul, atau sekitar umur 5 bulan, untuk mengenalkan kebiasaan menyikat gigi pada anak. 

“Mengenalkan sikat gigi itu justru pada saat dia (anak) sudah bisa main. Sekarang ada mainan-mainan yang dokter-dokteran itu ya, itu sudah ada sikat giginya, sudah ada phantom-nya, itu sudah memperkenalkan menyikat gigi,” jelas Usman.

Mengutip Grid.id, anak juga dapat diperlihatkan video tentang kebiasaan menyikat gigi yang baik dan menyenangkan. Apabila usia si kecil sudah bertambah besar maka ajarkan dia untuk menyikat gigi secara mandiri. Si kecil bisa diajarkan menyikat gigi secara mandiri sejak usianya memasuki 6-7 tahun.

Baca Juga: Hal Ini Harus Diperhatikan Saat Pindah Rumah Baru

"Jangan lupa bahwa anak adalah peniru orangtua, sehingga sebaiknya orangtua juga memperlihatkan dirinya melakukan kebiasaan menyikat gigi yang baik, dua kali sehari," tambahnya.

Walaupun demikian, si kecil belum mempunyai kemampuan motorik yang memadai sebelum usia 6-7 tahun untuk dapat menyikat gigi dengan baik.

Apabila ia ingin mandiri, biarkan anak menyikat giginya sendiri terlebih dahulu tetapi tetap perlu diselesaikan dan dibersihkan tuntas oleh orangtua sebelum usia 6-7 tahun. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga