Usir Semut dari Rumah dengan Cara Ini

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 25 Juni 2023
0 dilihat
Usir Semut dari Rumah dengan Cara Ini
Semut biasanya akan berbaris membentuk barisan yang panjang, mendekati makanan yang mengandung aroma dan rasa manis. Namun, Anda bisa menggunakan beberapa bahan dapur untuk mengusirnya. Foto: Repro Lazuva.com

" Anda tak perlu bingung jika ingin mengusir serangga ini dari dalam rumah. Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami yang tak disukai semut "

KENDARI, TELISIK.ID - Semut adalah salah satu serangga yang banyak ditemui di dalam rumah. Semut biasanya akan membentuk barisan yang panjang, bergotong royong mendekati makanan yang mengandung aroma dan rasa manis. 

Anda tak perlu bingung jika ingin mengusir serangga ini dari dalam rumah. Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami yang tak disukai semut.

Berikut bahan alami yang bisa bikin semut angkat kaki dari rumah.

1. Merica

Melansir Bobogrid.id, selain sebagai rempah untuk masakan, siapa yang tahu, ternyata merica juga bisa usir semut. Aroma pedas khas dari merica ini tidak disukai semut. Maka, kamu bisa sebarkan bubuk merica pada sekeliling makanan manis atau sumber tempat semut berkumpul. 

Baca Juga: 7 Cara Mudah Mengusir Semut di Rumah Tanpa Membunuh

2. Bubuk Kopi

Kopi yang memiliki aroma khas juga tidak disukai oleh semut. Karena itu, tidak jarang kita melihat kopi bubuk tidak pernah didekati semut. Cara mengusirnya hanya dengan menaburkan bubuk kopi pada sekitar makanan manis atau meja makan, agar semut tidak mendekat.

3. Peppermint

Dilansir dari Kompas.com, Dominic Lees-Bell, pakar kebersihan di Tap Warehouse, berkata, semut bereproduksi dengan cepat. Dengan demikian, penting untuk mengetahui apa yang menarik semut dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegah semut masuk ke rumah.

Lees-Bell mengatakan, semut benci bau peppermint. Oleh karena itu, menggunakan minyak esensial peppermint bisa menjadi metode yang bagus. Campurkan 10 hingga 15 tetes minyak peppermint ke dalam cangkir berisi air sebelum menuangkannya ke dalam botol semprot yang dapat digunakan di area yang terdapat semut di rumah.

Baca Juga: Empat Fakta Unik Semut yang Hidup Berkoloni

4. Lemon

Lemon memiliki minyak asam yang beracun bagi semut dan mengganggu jejak aroma yang mereka tinggalkan untuk semut lain. Lemon tidak akan membunuh semut tetapi itu akan membantu mencegah mereka untuk tinggal.

5. Garam

Garam merupakan cara yang baik untuk bekerja dengan bahan yang sudah Anda miliki di rumah untuk menakuti semut. Campur garam dengan air hangat, tuangkan lagi ke dalam botol dan semprotkan di mana pun semut berada.

Anda juga dapat mencampurkan soda kue dengan gula putih dalam jumlah yang sama untuk menghilangkan semut secara permanen agar tidak masuk ke properti mereka. Tuang campuran ke dalam wadah atau mangkuk yang dangkal dan letakkan di dekat tempat semut menyerang. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga