Ustadz Adi Hidayat Jelaskan Hukum Baca Al Quran di HP

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 29 Maret 2023
0 dilihat
Ustadz Adi Hidayat Jelaskan Hukum Baca Al Quran di HP
Ustadz Adi Hidayat menjelaskan bahwa membaca Al Quran di HP itu boleh. Foto: Repro Bengkuluekspress.com

" Membaca hingga tadarus Al Quran di berbagai aplikasi dan website gratis HP ini hukumnnya sama seperti membaca di Al Quran "

JAKARTA, TELISIK.ID - Bulan Ramadan menjadi momem umat Islam berlomba-lomba membaca Al Quran, karena ganjaran pahala yang diberikan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Namun, bagi sebagian orang, akan terlalu sulit jika harus membawa Al Quran dalam bentuk kitab kemana-mana. Dengan adanya teknologi seperti HP, tentunya kini telah tersedia Al Quran dalam bentuk aplikasi yang bisa diakses kapan pun dan dimana pun.

Al Quran dalam bentuk aplikasi di HP ini tentunya memudahkan siapapun untuk membawanya, karena HP merupakan alat komunikasi yang saat ini tidak bisa jauh dari keseharian manusia modern.

Mendapati keadaan tersebut, Ustadz Adi Hidayat (UAH) pun memberikan tanggapannya. Melansir Bengkuluekspress.com, UAH mengatakan, membaca hingga tadarus Al Quran di berbagai aplikasi dan website gratis HP ini hukumnnya sama seperti membaca di Al Quran.

Kemudian, Ustadz Adi Hidayat lanjut menerangkan, mengenai pengertian Alquran bahwa Alquran asalnya adalah bukan sesuatu yang tertulis, melainkan bunyi firman Allah.

Baca Juga: Sudah Imsak Apa Masih Boleh Makan Minum? Begini Penjelasannya

Ketika sebuah Alquran sudah dituliskan ke dalam sebuah kitab, maka itu dinamakan dengan mushaf. Mushaf adalah Alquran yang tertulis dan terdiri dari dua jilid serta tidak memiliki terjemahan di dalamnya.

Dikutip Deskjabar.com dari kanal YouTube Abi Alghifari Channel, berjudul "Ustadz Adi Hidayat | Hukum Membaca Al Quran di Handphone", diunggah pada 21 Mei 2018. Ustadz Adi Hidayat menerangkan, bahwa kita boleh membaca Al Quran di HP.

Baca Juga: Bukan Hanya Nuzulul Qur'an, 6 Peristiwa Penting Ini Juga Terjadi di Bulan Ramadan

Dari penjelasan Ustadz Adi Hidayat, bacaan Al Quran merupakan bacaan yang tidak akan membuat bosan, karena sudah dibuat seperti itu oleh Allah SWT. Kemudian, Ustadz Adi Hidayat menerangkan bagaimana hukum Al Quran yang bisa dibaca di HP menurut Islam.

"Boleh, silakan. Ya, karena asalnya Al-Quran itu bukan yang tertulis, Al Quran itu bunyinya," ujar Ustadz Adi Hidayat.

Ustadz Adi Hidayat juga menambahkan, membawa mushaf tidak bisa sembarangan, dan membaca Al Quran dalam bentuk mushaf dianjurkan untuk berwudhu. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga