Ustaz Abdul Somad Safari ke Wakatobi, Menyelam dan Didaulat Jadi Duta Wisata Religi

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Kamis, 03 Juni 2021
0 dilihat
Ustaz Abdul Somad Safari ke Wakatobi, Menyelam dan Didaulat Jadi Duta Wisata Religi
Ustaz Abdul Somad menyelami keindahan laut Wakatobi bersama Komunitas Divers Kabupaten Wakatobi. Foto: Ist.

" Ulama kondang asal Riau ini didaulat menjadi Duta Wisata Religi oleh Komunitas Divers Kabupaten Wakatobi "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Ustaz Abdul Somad kembali bersafari dakwah. Setelah mengunjungi Batam bersama istrinya Fatimah Az Zahrah, Ustaz Abdul Somad kini mengunjungi Wakatobi.

Sebelum ke Wakatobi, Ustaz Abdul Somad terlebih dahulu mengisi kajian di Kendari. Di ibu kota Provinsi Sulawesi Tenggara itu, Ustaz Abdul Somad yang sering disapa UAS, mengisi kajian Islam yang digelar oleh Yayasan al Khansa Khairunnisa Kendari, bekerja sama dengan Winulu (Arus Hijrah) Wakatobi.

Kegiatan kajian ini mengangkat tema Sahesulu, Salengo’e yang dalam bahasa Wakatobi artinya bersaudara selamanya. Kegiatan tersebut juga diikuti dengan penggalangan dana untuk pembangunan masjid. Dalam paparan materinya, UAS mengingatkan pentingnya rasa persaudaran antar umat Muslim.

"Begitu hebatnya Allah Subhanahu wa Ta’ala menciptakan agama ini. Siapapun sukunya, apapun agamanya, apapun warna kulitnya, apapun rasnya, ketika dia bersyahadat maka dia menjadi bersaudara. Semangat itulah yang harus kita tumbuhkan ke anak-anak kita," papar UAS di Kendari,  Selasa (1/6/2021).

Baca Juga: Tiga Destinasi Wisata di Wakatobi yang Patut Dikunjungi

Dari Kendari, UAS kemudian melanjutkan perjalanannya ke Wakatobi untuk melihat program pembangunan masjid dari komunitas Winulu Wakatobi. UAS juga menerimat tawaran dari Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wakatobi, Nadar, untuk melihat keindahan alam bawah laut dengan menyelam bersama Komunitas Divers Kabupaten Wakatobi.

Ustaz Abdul Somad bersama Kadis Pariwisata, Duta Wisata dan Founder Komunitas Winulu Wakatobi. Foto: Ist.

 

Dalam kesempatan yang sama, Ulama kondang asal Riau ini didaulat menjadi Duta Wisata Religi oleh Komunitas Divers Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara.

"Wisata halal ini sangat membantu wisatawan dalam menentukan destinasi yang ingin mereka cari, terutama wisatawan dari timur tengah dan negeri-negeri muslim lainnya," jelas UAS setelah dikalungi sarung tenun pajam, Kaledupa, yang disematkan kepada UAS sebagai Duta Wisata Wakatobi, Rabu (2/6/2021).

Baca Juga: Ini Empat Festival Budaya Terbesar Masyarakat Pesisir Wakatobi

Setelah melakukan safari dakwah selama 3 hari mulai dari Balikpapan, Kendari, hingga Wakatobi, UAS rencanaya akan kembali hari ini, Kamis (3/6/2021).

Sebelum itu Ustaz Abdul Somad melaksanakan tahajut time kemudian salat subuh bersama lalu memberikan tausyiah subuh, lalu pada pukul  7 pagi kembali pulang ke Pekanbaru.

“Kedatangan UAS ke Wakatobi untuk bersafari dan meresmikan mesjid  Az –Zaitun Pada Ue  di Pulau Wangi-Wangi, Wakatobi. Tuan Guru Ustaz Abdul Somad pagi tadi telah diantarkan menuju Bandara Matohara untuk kembali pulang ke Pekanbaru setelah memberikan tausyah subuh tadi,” ungkap Dinul Cahyawan selaku Ketua Panitia Komunitas Winulu Wakatobi, Kamis (3/6/2021). (B)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga