UTBK SBMPTN Dimulai, Rektor UHO: Usaha Maksimal Jangan Percaya Calo

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Selasa, 17 Mei 2022
0 dilihat
UTBK SBMPTN Dimulai, Rektor UHO: Usaha Maksimal Jangan Percaya Calo
Penyerahan berkas dokumen soal UTBK SBMPTN secara simbolis oleh Rektor UHO Kendari, Prof. Dr. Muh Zamrun Firihu, kepada Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi UHO Dr Saefuddin. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Setelah melalui proses panjang mulai dari pendaftaran, maka hari ini tes UTBK serentak secara nasional "

KENDARI, TELISIK.ID - Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari gelombang pertama telah resmi dimulai hari ini, Selasa (17/5/2022) dan akan berakhir 23 Mei mendatang.

Hal itu ditandai dengan penyerahan berkas dokumen soal UTBK SBMPTN secara simbolis oleh Rektor UHO, Prof. Dr. Muh Zamrun Firihu kepada Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi UHO Dr Saefuddin, Selasa (17/5/2022).

Zamrun mengatakan, gelombang pertama dimulai hari ini dan untuk gelombang kedua akan dilaksanakan pada 28 Mei hingga 3 Juni 2022 mendatang.

"Setelah melalui proses panjang mulai dari pendaftaran, maka hari ini tes UTBK serentak secara nasional," katanya usai menyerahkan berkas soal UTBK secara simbolis.

Lanjut Zamrun menyampaikan bahwa dirinya akan melakukan pemantauan secara acak sambil menunggu laporan jika misalnya ada masalah yang terjadi.

Orang nomor satu di kampus UHO ini juga mengingatkan para peserta UTBK untuk tidak mempercayai oknum-oknum seperti calo yang menjanjikan kelulusan.

Baca Juga: Ini 5 Universitas di Indonesia yang Luasnya Berhektare-hektare, Ada Kampus Kamu?

"Peserta harus berusaha semaksimal mungkin berdasarkan kemampuan masing-masing dan mempercayakan pada nasib. Karena kalau sudah rezeki tidak akan ke mana," ungkapnya.

Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi UHO, Dr Saefuddin mengatakan, hasil tes UTBK nantinya akan disampaikan setelah gelombang pertama dan gelombang kedua selesai.

Setelah itu, akan ada proses kalkulasi oleh pusat lembaga tes masuk perguruan tinggi, lalu kemudian ada rapat secara nasional di Jakarta.

"Untuk hasil UTBK SBMPTN diumumkan pada tanggal 23 Juni 2022 mendatang,"  katanya.

Sementara itu, salah seorang peserta UTBK, Nabila Hatim mengatakan bahwa dirinya akan melakukan tes pada 18 Mei 2022 esok dan telah mempersiapkan semuanya.

"Persiapan Insya Allah sudah semaksimal mungkin, saya sudah siap untuk ujian esok hari," ujarnya

Baca Juga: PTM 100 Persen di Kendari Berlaku Bagi Siswa Sudah dan Belum Vaksin

Ia mengaku, hari ini hanya datang untuk mengecek ruangan yang akan ia tempati untuk UTBK, agar besok tinggal ujian saja.

"Kalau pas ujian baru mau cari ruangan, kan takutnya malah lambat ketemu, dampaknya saya jadi terlambat dan rugi di saya," tutupnya.

Untuk diketahui penyerahan berkas dokumen soal UTBK SBMPTN secara simbolis itu bertempat di gedung UPT, Teknologi Informasi dan Komunikasi UHO Kendari.

Untuk total peserta UTBK SBMPTN gelombang pertama dan kedua sebanyak 10.168 peserta. (A-Adv)

Penulis: Andi Irna Fitriani

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga