UTBK SMMPTN UHO Dimulai, Ranking Jadi Penentu Kelulusan

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Senin, 11 Juli 2022
0 dilihat
UTBK SMMPTN UHO Dimulai, Ranking Jadi Penentu Kelulusan
Rektor UHO, Prof.Dr. Muhammad Zamrun Firihu (dua dari kiri) menyerahkan dokumen UTBK SMMPTN, ke Ketua Penitia SMMPTN UHO, Wakil Rektor I UHO, Dr. La Hamimu (kanan) sekaligus menentukan syarat kelulusan yaitu berdasarkan sistem ranking. Foto: Muhammad Ilwanto/Telisik

" Universitas Halu Oleo (UHO) Kota Kendari kembali melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) 2022 "

KENDARI, TELISIK.ID - Universitas Halu Oleo (UHO) Kota Kendari kembali melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) 2022. Tahapan ini, merupakan seleksi akhir yang dibuka untuk penerimaan mahasiswa baru.

Ujian UTBK yang dilaksanakan mulai hari ini Senin 11 Juli hingga 15 Juli mendatang ini, diikuti oleh 6.300 orang lebih, yang sebelumnya mereka telah mendaftarkan diri secara online, untuk mengikuti seleksi mahasiswa baru tahun 2022.

Rektor UHO, Prof.Dr. Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, untuk proses UTBK ini, sama dengan proses di SBMPTN sebelumnya. Hanya saja di jalur mandiri, cuman menggunakan satu jenis tes saja, yaitu tes akademik.

"Prosesnya sama saja, peserta harus datang lebih awal sebelum pelaksanaan tes, membawa kartu tes, menjaga kebersihan dan lain sebagainya, intinya polanya hampir sama dengan tes seleksi bersama kemarin," ungkapnya Senin (11/7/2022).

Lanjut dia, untuk kuota dari jalur SMMPTN, adalah sebesar 30 persen dari jumlah kuota keseluruhan yang diterima di tahun ini, yaitu sekitar 8.885 orang. Dimana itu telah sesuai dengan kapasitas daya tampung yang dimiliki oleh UHO.

"Pembagiannya untuk SNMPTN sebesar 30 persen, SBMPTN 40 persen, dan SMMPTN itu 30 persen yaitu sekitar 2.874 orang, dan itu masih akan bertambah jumlahnya, mengigat di jalur bebas tes dan seleksi bersama masih ada kekurangan. Sehingga di jalur mandiri ini, kekurangan tersebut akan ditutupi, untuk memenuhi target kuota yang telah ditetapkan sebelumnya," jelasnya.

Baca Juga: BNNP Sultra Tes Urine 174 Calon Wisudawan Fakultas Tarbiyah IAIN Kendari, Ini Hasilnya

Sementara itu, Wakil Rektor 1 UHO, Dr. La Hamimu menambahkan, untuk kategori penilaian yang dinyatakan lulus nantinya, itu berdasarkan dari nilai tertinggi dari para peserta. Jadi tidak ada ukuran atau ambang batas nilai yang harus dicapai untuk bisa lulus.

"Siapa yang nilainya paling tinggi itulah yang akan lulus, artinya kita pakai sistem ranking. Jadi kita lihat siapa nilainya paling tinggi lalu kita urut, sampai menemukan jumlah kuota yang diinginkan," jelasnya.

Baca Juga: Berikut Beasiswa Luar Negeri yang Buka Pendaftaran Tahun 2022-2023

Dirinya berharap, para peserta agar tidak melakukan kecurangan dan jangan mempercayai orang yang akan menjanjikan kelulusan atau calo.

"Harus jujur dan percaya terhadap kemampuan diri sendiri," ujarnya.

Sekedar informasi, untuk pengumuman jalur SMMPTN akan dilakukan di tanggal 25 Juli mendatang. (B)

Penulis: Muhammad Ilwanto

Editor: Musdar

Baca Juga