Vaksin Booster 2 di Kendari Minim Stok

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 31 Januari 2023
0 dilihat
Vaksin Booster 2 di Kendari Minim Stok
Penyaluran vaksin COVID-19 di posko Dinas Kesehatan Kota Kendari. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Penyaluran vaksin booster ke-2 COVID 19 sudah berjalan di beberapa daerah, salah satunya di Kota Kendari, masyarakat bisa mendapatkan vaksin tersebut di Posko Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, Kecamatan Kambu "

KENDARI, TELISIK.ID - Penyaluran vaksin booster ke-2 COVID 19 sudah berjalan di beberapa daerah, salah satunya di Kota Kendari, masyarakat bisa mendapatkan vaksin tersebut di Posko Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, Kecamatan Kambu.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kendari, Elfi mengatakan, penyaluran vaksin booster 2 di wilayahnya telah dilakukan sejak 24 Januari 2023. Saat ini pihaknya baru menyediakan vaksin jenis Pfizer untuk booster 2.

Karena stok yang masih minim dari gudang farmasi Dinkes Provinsi Sulawesi Tenggara, jadwal vaksin booster 2 tidak bisa dipastikan. Elfi mengimbau masyarakat memantau jadwal tersebut melalui akun Facebook resmi Bidang P2P Dinkes Kendari.

Baca Juga: Hore, Vaksin Booster Tahap Dua di Jawa Timur Gratis

Ia melaporkan tingkat vaksinasi di Kota Kendari untuk dosis 1 mencapai 93,5 persen, dosis 2 65,8 persen, booster 1 29 persen, dan booster 2 hanya 0,28 persen.

Salah seorang warga yang menerima vaksin booster 2, Helmi mengaku setuju saja dengan imbauan vaksin dari pemerintah. Ia sendiri melakukan vaksin hanya untuk kepentingan persyaratan perjalanan menuju kampung halamannya.

Telah menjalani tiga kali rangkaian jarum suntik yang masuk ke tubuh, Helmi merasa efek samping pasca vaksin yang pernah dirasakan hanya sekedar sedikit demam dan pegal di area suntikan.

Baca Juga: Vaksin dan Masker Tetap Berlaku Meski PPKM Dicabut

Dalam surat edaran Kementerian Kesehatan HK.02.02/C/380/2023, menjelaskan masyarakat umum umur 18 tahun ke atas sudah bisa mendapat suntikan booster kedua sejak 24 Januari 2023.

Pemberian vaksin booster 2 tersebut diberikan dalam jarak waktu enam bulan pasca vaksin booster 1 dilakukan. (B)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga