Vaksin COVID-19 Buatan dalam Negeri Sudah Ada di Kendari

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Rabu, 04 Januari 2023
0 dilihat
Vaksin COVID-19 Buatan dalam Negeri Sudah Ada di Kendari
Dinkes Kota Kendari mulai memberikan vaksin IndoVac sejak Desember 2022 kepada masyarakat. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Vaksin jenis IndoVac mulai diberikan kepada masyarakat Kota Kendari per Desember 2022 lalu "

TELISIK.ID KENDARI - Vaksin jenis IndoVac mulai diberikan kepada masyarakat Kota Kendari per Desember 2022 lalu. Hal itu dilakukan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari.

Vaksin IndoVac diketahui merupakan vaksin COVID-19 yang diproduksi dalam Negeri oleh PT Bio Farma Bandung.

Vaksin ini telah mendapatkan izin penggunaan darurat (EUA) dari Badan POM pada 24 September 2022 dan telah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI.

Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, Ellfi mengatakan, vaksin IndoVac sudah mulai diberikan kepada masyarakat mulai dari vaksin satu hingga vaksin ke tiga atau booster.

Baca Juga: THM Diduga Sumbang Penularan HIV Aids di Kota Kendari yang Capai 272 kasus

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menggunakan vaksin ini kepada masyarakat yaitu, pertama, masyarakat yang belum pernah menerim vaksin sama sekali.

Kedua, masyarakat yang ingin booster dengan vaksin ini harus sudah menerima vaksin satu dan dua Sinovac (homogen), termasuk vaksin ini tidak bisa dicampur dengan jenis vaksin lainnya.

Baca Juga: Kasus DBD di Kota Kendari Meningkat Sepanjang Tahun 2022

"IndoVac hanya dilayani untuk vaksin satu usia 18 tahun keatas, vaksin dua dengan jenis vaksin satunya IndoVac. Jadi kalau vaksin satu bukan IndoVac, maka tidak boleh vaksin dua IndoVac," jelas Elfi.

Sebelumnya, dilansir dari setkab.go.id, Presiden Joko Widodi mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung pengembangan vaksin COVID-19 produksi dalam negeri yang dilakukan dalam waktu 1,5 tahun ini.

“Inilah saya kira sebuah kerja keras SDM-SDM (sumber daya manusia) muda kita dalam menggarap sebuah vaksin baru, dari hulu sampai hilir, ini memakan waktu IndoVac dari awal sampai sekarang 1,5 tahun, juga diam enggak pernah bersuara tahu-tahu jadi IndoVac,” ujar Jokowi. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga