Venezuela dan Meksiko Bersaing di Grup B Copa America 2024

Mustaqim, telisik indonesia
Minggu, 23 Juni 2024
0 dilihat
Venezuela dan Meksiko Bersaing di Grup B Copa America 2024
Pemain Meksiko,Gerardo Artega, merayakan golnya ke gawang Jamaika dalam penyisihan Grup B Copa America 2024 yang berlangsung di Houston, Sabtu (22/6/6/2024) malam waktu setempat atau Minggu (23/6/2024) pagi WIB. Foto: AP/David J. Phillip

" Meksiko dan Venezuela meraih kemenangan di laga pembuka Grup B Copa America 2024 yang berlangsung di dua tempat berbeda pada Sabtu (22/6/2024) malam waktu setempat atau Minggu (23/6/2024) pagi WIB "

JAKARTA, TELISIK.ID – Meksiko dan Venezuela meraih kemenangan di laga pembuka Grup B Copa America 2024 yang berlangsung di dua tempat berbeda pada Sabtu (22/6/2024) malam waktu setempat atau Minggu (23/6/2024) pagi WIB.

Bermain di NRG Stadium, Houston, Amerika Serikat, Meksiko menang 1-0 atas Jamaika. Gol tunggal Meksiko dicetak oleh  Gerardo Arteaga (69’) setelah menaklukkan penjaga gawang Jahmali Waite.

Jamaika sempat menciptakan gol pada menit ke-50 melalui sundulan Michail Antonio. Namun, gol ini dianulir oleh wasit Ismail Elfath (Amerika Serikat) karena Antonio dinilai offside dan terekam oleh VAR (Video Assistant Referee).

“Sebagian kecil offside. Aku sudah melihatnya lagi dan itu benar,” kata pelatih Jamaika, Heimir Hallgrímsson.

Baca Juga: Belgia Hempaskan Rumania, Grup E Euro 2024 Memanas

Meksiko mendominasi pertandingan namun hanya mampu mencetak satu gol dari 17 tembakan ke arah gawang Jamaika. Melalui assist Luis Romo yang mengontrol bola dari paha, dia kemudian mengoper ke Arteaga.

Artega dengan percaya diri melesakkan tembakan menggunakan kaki kirinya dan bola yang mengarah ke tiang jauh tidak bisa diantisipasi oleh kiper Jahmali Waite. Bagi Artega ini merupakan  gol keduanya dalam 25 penampilan internasional.

“Hari ini adalah giliran Arteaga, tetapi kami memiliki satu set pemain lain yang menambah menit di level atas. Itulah yang ada dalam pikiran kami ketika kami membuat daftar (susunan pemain),” kata pelatih Meksiko, Jaime Lozano usai pertandingan.

Lozano mengatakan, memberi kesempatan menit bermain kepada Artega karena pada beberapa pertandingan sebelumnya jarang diturunkan.

Kendati menang, Meksiko harus merelakan kaptennya Edson Alvarez yang ditarik keluar pada menit ke-30 menyusul cedera hamstring kiri. Edson lalu digantikan oleh Romo.

“Mengenai Edson, kita akan menunggu. Kami tidak ingin mengambil risiko. Dia merasakan sesuatu di kakinya,” ujar Lozano.

Lozano belum bisa memastikan Edson akan diturunkan pada pertandingan berikutnya atau tidak. Dia mengatakan kemungkinan butuh beberapa hari sebelum mengetahui tingkat keparahan cedera Edson.

“Saya pikir itu telah menjadi moto kami untuk musim panas ini – bersama dan persatuan. Tidak mudah untuk mengatasi kapten Anda dikeluarkan dari lapangan, tetapi saya merasa mereka merespons dengan cepat,” tutur Lozano.

El Tri, julukan Timnas Meksiko, belum pernah kalah dari Jamaika sejak semifinal Piala Emas CONCACAF 2017.

Pelatih Jamaika, Hallgrimson, menyatakan bangga kepada para pemainnya karena terus berjuang sampai akhir meski pertandingan sangat sulit.  

“Kami berjuang sampai akhir dan saya bangga dengan para pemain. Secara keseluruhan, cukup senang dengan bagaimana permainan dimainkan. Tentu saja, tidak senang kalah,” kata Hallgrímsson.

Kemenangan Meksiko atas Jamaika menempatkan El Tri di posisi kedua klasemen sementera Grup B setelah di pertandingan sebelumnya di grup yang sama Venezuela menghantam Ekuador 2-1. Berkat kemenangan ini Venezuela memimpin klasemen.

Baca Juga: Pepe Perpanjang Rekor Pemain Tertua di Piala Eropa

Bermain di Santa Clara, California, dua gol Venezuela masing-masing dihasilkan lewat Jhonder Cádiz (64’) dan Eduard Bello (74’). Sementara gol tunggal Ekuador dicetak oleh Jeremy Sarmiento (40’).

Ekuador kalah untuk kedua kalinya dalam 11 pertemuan terakhir melawan Venezuela di semua kompetisi. Satu kemenangan lainnya Venezuela atas Ekuador diraih saat Copa America pada 2011 dengan hasil 1-0.

Pada laga berikutnya Grup B yang berlangsung pada Kamis (27/6/2024) pagi WIB, Ekuador akan berhadapan Jamaika pukul 05:00 WIB dan Mekiko ditantang Venezuela pukul 08:00 WIB.

Klasemen Grup B

Tim  Poin

Venezuela: 3

Meksiko: 3

Ekuador: 0

Jamaika: 0. (C)

Reporter: Mustaqim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga