adplus-dvertising

Video Dangdutan Bupati Busel yang Diduga Langgar Prokes Viral di Medsos

Deni Djohan, telisik indonesia
Kamis, 03 Juni 2021
2426 dilihat
Video Dangdutan Bupati Busel yang Diduga Langgar Prokes Viral di Medsos
Potongan video saat Bupati Busel, La Ode Arusani dangdutan bersama beberapa orang di atas panggung. Foto: Ist.

" Kalau penutupan yang viral itu saya tidak hadir. "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Video dangdutan Bupati Buton Selatan (Busel), La Ode Arusani, bersama istri dan sejumlah orang lainnya yang diduga melanggar protokol kesehatan COVID-19, tersebar di media sosial (Medsos).

Video itu viral setelah salah satu warga Busel yang memiliki nama akun bernama Safrin Mas'ud UF Odhee, membagikan konten video tersebut ke grup Buton Selatan.

Dalam kutipan statusnya, Safrin Mas'ud UF Odhee mempertanyakan tim gugus tugas terkait penerapan protokol kesehatan.


"Prokes, mana prokes?" tulis akun Safrin Mas'ud UF Odhee.

Kepala pelaksana (Kalak) BPBD Busel, Zamaluddin membenarkan bila kegiatan tersebut melanggar tak mengantongi izin Covid.

Baca juga: Pamer Pedofil dan Poligami, KPI Desak Sinetron Zahra Dievaluasi

Pasalnya, tak ada dokumen permohonan dari desa ke BPBD terkait rekomendasi izin keramaian tersebut.

"Harusnya desa setempat membuat permohonan kepada kami agar kami di sini membuatkan rekomendasinya. Kalau tidak ada itu, maka kita akan bubarkan keramaian itu," kata Zamaluddin saat dikonfirmasi di sekretariat BPBD Busel yang terletak di Kelurahan Laompo, samping Kantor Bupati Busel, Rabu (2/6/2021).

Ia menambahkan, dirinya sama sekali tidak mengetahui adanya kegiatan yang dihadiri hampir seluruh kepala OPD dan ribuan massa itu.

Namun pada saat pembukaan, dirinya sempat hadir mendampingi bupati. Namun, saat penutupan ia mengaku tak hadir.

"Kalau penutupan yang viral itu saya tidak hadir," tambahnya.

Ia menjelaskan, dengan adanya regulasi baru, BPBD hanya diberikan kewenangan pada administrasi saja. Sehingga yang patut dipertanyakan dalam kegiatan itu adalah pihak desa.

Baca juga: Mengenal Pancasila dari Rezim Soekarno hingga Jokowi

Pasalnya, penanganan Covid ini telah diberikan ke setiap desa dan kelurahan.

"Tidak ada surat permohonan yang masuk pada kami. Saya juga sudah sampaikan pada desa bahwa administrasinya itu harus dilengkapi. Kalau tidak, kami akan bubarkan," tegasnya.

Mantan Kadis Pariwisata ini melanjutkan, kegiatan seperti itu khawatir akan menyebarnya virus, sebab jika itu terjadi maka akan membuat masalah besar pada dirinya.

Dalam video tersebut, Bupati Busel, La Ode Arusani dan istrinya, Wa Ode Ruhania tampak tengah berduet menyanyikan lagu, Nurjana. Terlihat pula beberapa ASN dan warga yang juga turut berjoget di atas panggung.

Kegiatan tersebut diketahui merupakan penutupan lomba pentas seni yang dipusatkan di Desa Molona, Kecamatan Siompu Barat.

Jurnalis Telisik.id sudah berusaha melakukan konfirmasi, namun hingga berita ini dibuat Bupati Busel Arusani belum dapat ditemui. (B)

Reporter: Deni Djohan

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga