Viral: Bukan Polisi Sembarangan, Bripka Handoko Buka Pintu Penjara Agar Anak Bisa Peluk Ayahnya

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 27 Maret 2023
0 dilihat
Viral: Bukan Polisi Sembarangan, Bripka Handoko Buka Pintu Penjara Agar Anak Bisa Peluk Ayahnya
Bripka Handoko viral setelah tindakannya membuka pintu sel tahanan untuk mempertemukan ayah dan anaknya. Foto: Tribunjambi

" Sebuah video viral di media sosial setelah seorang polisi membuka pintu penjara agar anak bisa memeluk ayahnya yang sedang berasa di jeruji besi "

JAMBI, TELISIK.ID - Sebuah video viral di media sosial setelah seorang polisi membuka pintu penjara agar anak bisa memeluk ayahnya yang sedang berasa di jeruji besi.

Dilihat Telisik.id di akun Instagram @undercover.id dalam video tersebut, tampak seorang tahanan tengah bersendagurau dengan anak perempuannya di balik jeruji besi. 

Sang ayah ada di dalam sel, sementara di luar ada anak perempuannya. Keduanya tampak terpisahkan oleh jeruji besi. 

Baca Juga: Kisah Pemuda Kendari jadi Tentara Amerika: Lahir di RS Korem, Anak Pintar Urus SIM 5 Menit Selesai

Anggota polisi yang melihat kejadian itu, merasa tak tega. Dia lalu membukakan pintu sel tahanan itu. Tak lama, anak perempuan itu dapat memeluk sang ayah secara utuh tanpa terpisah jeruji besi. 

Diketahui polisi itu bernama Bripka Handoko, ia adalah anggota polri di Jambi. Handoko menceritakan momen haru tersebut.

"Jadi video tersebut saya ambil pada malam Sabtu (25/3), awalnya saya tidak sengaja merekam momen tersebut saat itu saya sedang melakukan pemeriksaan terhadap tahanan lain," kata Bripka Handoko selaku anggota Polsek Maro Sebo dilansir dari detik.com.

Handoko mengaku sengaja membuka pintu sel karena iba melihat tahanan kesulitan memeluk putrinya yang sedang menjenguk. Tahanan itu bernama Aceng yang ditahan karena terlibat kasus pencurian.

Menurutnya, Aceng berperilaku baik selama dalam tahanan Polsek Maro Sebo sehingga dia membuka pintu sel tahanan agar dapat memeluk rindu terhadap anaknya.

Dia kemudian memberikan kesempatan kepada Aceng sang ayah agar bisa memeluk buah hatinya dengan leluasa namun tetap dalam penjagaannya.

"Ini karena saya tidak tahan menahan sedih, dia terlihat ingin memeluk anaknya, tetapi terhalang jeruji besi hingga akhirnya saya buka pintu sel nya itupun hanya sebentar demi dia dapat memeluk anaknya dan itu juga dalam penjagaan saya," tuturnya.

Menanggapi video viral itu Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri, Brigadir Jenderal Ahmad Ramadhan, mengatakan hal tersebut tidak menjadi masalah. 

Apalagi anggota yang membuka jeruji itu, Bripka Handoko, tetap melakukan pengawasan terhadap tahanan yang bersangkutan. 

"Ya nggak apa-apa. Prinsipnya tidak jadi masalah. Tentu harus tetap ada pengawasan," ujar Ramadhan.

Baca Juga: 5 Tradisi Unik yang Hanya Ada di Indonesia

Ramadhan menjelaskan, setiap tahanan mendapat perlakuan yang sama yaitu memiliki kesempatan untuk dibesuk oleh pihak keluarga. 

Namun, petugas kepolisian harus mempertimbangkan segala faktor risiko saat pintu tahanan dibuka. Ramadhan menegaskan, polisi harus menghitung apakah sekiranya tahanan tersebut berbahaya dan berpotensi melarikan diri atau tidak ketika pintu sel dibuka.  

"Tetap ada catatannya, kalau tidak membahayakan atau tidak melarikan diri dan juga tetap dilakukan pengawasan," tutur Ramadhan. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga