adplus-dvertising

Viral ke Luar Negeri, Ini Alasan Pj Bupati Bombana dan Istri ke Amerika

Hir Abrianto, telisik indonesia
Sabtu, 25 Maret 2023
0 dilihat
Viral ke Luar Negeri, Ini Alasan Pj Bupati Bombana dan Istri ke Amerika
Pj Bupati Bombana bersama istri saat perjalanan dinas di Amerika Serikat pada Bulan Februari 2023 lalu. Foto: Ist.

" Perjalanan ke New York AS merupakan perjalanan dinas pemerintah dan Dekranasda Bombana untuk mengenalkan lebih luas kekayaan produk olahan kain dan motif khas Bombana ke dunia internasional "

BOMBANA, TELISIK.ID - Pj Bupati Bombana, Burhanuddin, mendadak viral karena diduga sering memamerkan barang-barang mewah serta berlibur hingga ke luar negeri.

Sofian Baco, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Bombana saat dikonfirmasi membantah tuduhan Pj Bupati Bombana liburan ke Amerika Serikat.

Dia mengatakan, kunjungan ke AS itu mambawa misi produk dan budaya Bombana. Perjalanan ke New York AS itu merupakan perjalanan dinas pemerintah dan Dekranasda Bombana untuk mengenalkan lebih luas kekayaan produk olahan kain  dan motif khas Bombana ke dunia internasional.

"Kunjungan ke New York AS itu bukan liburan, tapi perjalanan dinas dengan misi pengenalan, pengembangan dan pemasaran produk lokal dan budaya Bombana yang makin diminati di luar negeri," ucap Sofian Baco kepada Telisik.id, Sabtu (25/3/2023).

Dalam kunjungan itu, Pj bupati mengikutkan Ketua Dekranasda Bombana yang juga istri Pj Bupati Bombana, Hj Fatmawati Kasim Marewa, serta Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga  Bombana, Anisa Sri Prihatin.

Baca Juga: Giliran Istri Kepala BPN Hambur Uang Buat Keliling Dunia, Punya Hobi Pamer Hidup Mewah

Kunjungan itu juga merupakan permintaam dari  Indonesian Fashion and Art Festival (IFAF) yang menjadi event partner New York Indonesia Fashion Week (NYIFW) dengan menggelar fashion show di AS.  

Pemerintah Kabupaten Bombana menilai permintaan IFAF untuk  NYIFW itu adalah moment terbaik menjadikan kain olahan dan motif khas Bombana untuk go internasional. Apalagi ada 12 motif kain olahan Bombana yang telah mendapatkan Hak Atas Kekayaan Intelektual dari Kemenkumham RI.

Dikatakan, pengembangan motif oleh Dekranasda Kabupaten Bombana yang menjadi kekayaan budaya daerah perlu dilestarikan, dikembangkan dan dipromosikan baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional.

"Acara NYIFW itu juga dihadiri beberapa daerah di Indonesia, seperti Dekranasda Jawa Barat dan pemerintah-Dekranasda Buton Tengah," ucapnya.

Kunjungan ke AS tersebut sudah diketahui dan mendapat persetujuan Gubernur Sulawesi Tanggara, H. Ali Mazi melalui surat rekomendasi ke Kementerian Dalam Negeri RI No 098/175 dan Surat Kemendagri No. 185.2/1013e/SJ tertanggal 30 Januari 2023.

Baca Juga: Pantas Istrinya Sering Pamer Hidup Mewah, Ternyata Kekayaan Kepala BPN Jakarta Timur Bikin Melongo

Sementara tudingan gaya hidup hedonis seperti memakai tas, sepatu dan gaun branded, mendapat tanggapan Pj Bupati Bombana melalui Tenaga Ahli Bupati Bidang Komunikasi Kebijakan Publik, Syahrir Lantoni.

Menurutnya, tas, sepatu, dan segala macam yang bermerek itu adalah asli tapi palsu atau KW. Dikatakan, barang-barang itu adalah barang palsu. Beli di Mall Mangga Dua dengan harga Rp 1,5 juta sampai Rp 2,5 juta.

"Sepatu, tas tangan yang dikenakan Pj bupati yang diviralkan akun medsos itu semua beli di Mangga Dua. Sayang sekali informasi yang diviralkan adalah tidak benar. Sumber berita itu mengandung perilaku kebencian dengan membonceng momentum isu pamer harta yang saat ini jadi perhatian publik,” kata Syahrir Lantoni. (B)

Penulis: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga