Viral: Luhut Sibuk Terima Telepon saat Jokowi Pidato, Ternyata Ini Peneleponnya

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 07 Februari 2022
0 dilihat
Viral: Luhut Sibuk Terima Telepon saat Jokowi Pidato, Ternyata Ini Peneleponnya
Menko Luhut menerima telepon saat Presiden Jokowi pidato. Foto: Repro YouTube Sekretariat Presiden

" Aksi Luhut menerima telepon saat Jokowi sedang pidato mendapat berbagai komentar dari netizen "

KENDARI, TELISIK.ID - Video Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang sedang menelepon kala Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang memberi sambutan, diviralkan di media sosial. 

Dalam video yang diviralkan ini, Jokowi sedang membacakan sambutan. Di belakangnya, terlihat jajaran kabinet seperti Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono, Menparekraf Sandiaga Uno, hingga Luhut. Video dengan narasi mempertanyakan sikap Luhut ini ramai diperbincangkan.

Melansir detik.com, momen Luhut menelepon saat Jokowi sedang sambutan terjadi dalam acara peresmian kawasan Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, pada 2 Februari 2022. Peresmian ini ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden.

Aksi Luhut menerima telepon saat Jokowi sedang pidato mendapat berbagai komentar dari netizen. Menanggapi hal itu, Juru bicara Luhut, Jodi Mahardi menyebut, Luhut saat itu sedang menerima telepon dari Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Kepada Luhut, Budi menyampaikan update kondisi lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia yang cukup signifikan.

Baca Juga: Digelar di Kendari, Ini Peristiwa Penting di Balik Perayaan Hari Pers Nasional

Ada dua laporan yang diterima Luhut, yakni soal pembelajaran tatap muka (PTM) dan evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali.

"Dari keterangan Pak Menko, beliau menyampaikan bahwa saat itu beliau sedang menerima telepon dari Menkes yang sedang meng-update kondisi lonjakan kasus yang cukup signifikan. Dalam laporan tersebut beliau menerima 2 laporan setidaknya, yakni soal PTM dan evaluasi Jawa Bali," ujar Jodi dilansir dari Kompas.com.

Jodi mengatakan, hal tersebut harus dilakukan Luhut agar segera bisa dilaporkan kepada presiden untuk diambil langkah-langkah mitigasi yang cepat.

Baca Juga: Presiden Dijadwalkan ke NTT Lagi, Ada Apa?

Sebab pada saat itu Luhut tengah mendampingi kegiatan Jokowi.

"Hal ini penting dilakukan sebagai bagian langkah crisis management penanganan pandemi yang harus dilakukan dengan cepat dan terukur," tandas Jodi. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali 

Baca Juga