Viral Ratusan Siswa di Ponorogo Hamil di Luar Nikah, Ini Kata Duta Genre, Alumni Keguruan Hingga Guru

Wa Ode Fatima Azzahra, telisik indonesia
Sabtu, 14 Januari 2023
0 dilihat
Viral Ratusan Siswa di Ponorogo Hamil di Luar Nikah, Ini Kata Duta Genre, Alumni Keguruan Hingga Guru
Heboh ratusan siswa di Ponorogo hamil di luar nikah. Foto: nasional.okezone.com

" Ratusan siswa dari Ponorogo, Jawa Timur hamil di luar nikah. Peristiwa itu memaksa mereka untuk menikah di bawah umur. Bahkan di awal Januari 2023 ada 7 pelajar, di antaranya siswa SMP yang tengah hamil dan melahirkan "

PONOROGO, TELISIK.ID - Ratusan siswa dari Ponorogo, Jawa Timur hamil di luar nikah. Peristiwa itu memaksa mereka untuk menikah di bawah umur. Bahkan di awal Januari 2023 ada 7 pelajar, di antaranya siswa SMP yang tengah hamil dan melahirkan.

Banyaknya siswa yang hamil terungkap ketika salah satu siswi mengajukan dispensasi nikah di Pengadilan Agama Ponorogo.

Rata-rata pelajar anak di bawah umur 19 tahun dan para pelajar sudah hamil dan terpaksa melangsungkan pernikahan.

Dengan adanya kejadian ini, Maulida Pratiwi selaku Duta Genre Ponorogo 2019 menjelaskan, harusnya orang tua lebih peduli terhadap apa yang dilakukan anak-anak nya.

Baca Juga: Anies Baswedan Cetak Sejarah Orang Indonesia Pertama Jadi Anggota Dewan Universitas Oxford

Ditambah lagi zaman sekarang teknologi berkembang dengan cepatnya. Menurut nya orang tua tidak hanya berperan sebagai ayah ibu pada umumnya melainkan juga harus menjadi posisi sebagai sahabat yang bisa memahami sang anak, jadi anak tersebut bisa nyaman ketika bercerita, berkeluh kesah, ataupun bertanya yang menurut banyak orang itu adalah hal yang tabu.

"Kan masih banyak nih stigma kalo bertanya ke orang tua nanti orang tua marah, kalo tanya ini itu orang tua gak mau jawab dan pada akhirnya anak kepo dan mencari lewat teknologi yang mungkin oleh si anak langsung ditelan mentah-mentah," jelas Maulida ketika dihubungi lewat WhatsApp.

Maulida juga menambahkan, hal ini menjadi tamparan sekaligus evaluasi untuk program-program yang mereka jalankan untuk remaja di Kabupaten Ponorogo belum dipahami betul oleh remaja-remaja ini.

Selain itu, Denok Krismonica selaku alumni Keguruan Universitas Muhammadiyah Ponorogo mengungkapan, hal ini sangat mirip dimana untuk usia seperti mereka adalah usia emas untuk terus belajar hal-hal positif.

"Harusnya di sekolah sih diberi informasi tentang bahaya seks di luar nikah," jelas Denok.

Nah, selain orang tua, keluarga, di sekolah juga perlu memberi informasi mengenai hal ini. Apalagi jelas bahwa banyak remaja-remaja yang melakukan hal tersebut bahkan di rumah orang tuanya sendiri.

Marselly Forma Riwasanti selaku guru di SD 2 Maguan, Sambit, Ponorogo menjelaskan bahwa memang edukasi seks di sekolah perlu diberikan kepada anak-anak.

Baca Juga: Pacitan Jawa Timur Diguncang Gempa 5,6 SR

Informasi seperti bahaya seks, dampaknya untuk kesehatan, moral, sosial, dampak untuk kesehatan dan semacamnya itu perlu. Hal seperti ini juga bukan hal tabu lagi dikalangan siswa.

"Sekarang loh ya, kelas 1 SD aja udah nda tabu lagi informasi semacam itu, jadi yah kita perlu memberikan informasi, tapi peran orang tua jauh lebih penting menurut ku, soalnya hal itu terjadi kebanyakan diluar sekolah," tuturnya.

Nah tesikers, hal ini tentu menjadi perhatian kita bersama, kita sebagai manusia yang berilmu harus bisa memberikan informasi dan edukasi mengenai hal-hal yang demikian. Telebih lagi kepada anak-anak dibawah umur. (A)

Penulis: Wa Ode Fatima Azzahra

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga