Viral, Rektor Termuda, Bolehkan Mahasiswa Lulus Tanpa Skripsi

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Sabtu, 09 November 2019
0 dilihat
Viral, Rektor Termuda, Bolehkan Mahasiswa Lulus Tanpa Skripsi
Rektor Termuda Indonesia, Risa Santoso. Mencengangkan Memberi Kebijakan Kepada Mahasiswanya Bisa Lulus Tanpa Skripsi. Foto : Det

" Selamat atas dilantiknya Risa Santoso, BA., MA. Ed sebagai rektor institut asia malang. "

KENDARI, TELISIK. ID - Nama Risa Santoso dalam beberapa hari terakhir menyita perhatian publik. Ia disebut-sebut sebagai rektor termuda di Indonesia. Wanita asal Tegalsari, Surabaya ini, memiliki segudang visi dan inovasi yang ingin diwujudkan.

Memulai karier sebagai tenaga ahli muda di Kantor Staf Kepresidenan (KSP) pada Agustus 2015 hingga Februari 2017, Risa Santoso beralih masuk ke dunia akademis sebagai Kepala Lembaga Penjamin Mutu Internal ITB-Asia Malang.

Dua tahun kemudian, tepatnya pada 2 November 2019 ia terpilih sebagai Rektor ITB – Asia Malang di usia masih 27 tahun. Risa mengakui ada perbedaan yang cukup mencolok bekerja di dua institusi berbeda itu.

Tanggal 2 November 2019 kemarin Institut Asia memiliki rektor muda cantik bernama Risa Santoso, BA., MA. Ed , rektor termuda di Indonesia dengan banyak sekali pengalaman dan memiliki latar belakang yang menarik.

“Selamat atas dilantiknya Risa Santoso, BA., MA. Ed sebagai rektor institut asia malang," tulis akun instagram @ben_asiamalang.

Setelah menjadi Rektor Institut Teknologi dan Bisnis ASIA Malang Risa Santoso memiliki kebijakan baru dimana ia memperbolehkan mahasiswanya untuk lulus tanpa skripsi.

Menurutnya, syarat kelulusan perguran tinggi juga bisa dilakukan dengan proposal project bagi mahasiswa yang ingin berkarir di dunia kerja. Hal itu sebagaimana diberitakan Kompas.com, Kamis (7/11/2019).

Menanggapi hal itu, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset dan Teknologi Ismunandar mengatakan hal tersebut boleh saja dilakukan.

Menrut dia, skripsi atau laporan tugas akhir sepanjang memenuhi beberapa deskripsi, dapat dikatakan memenuhi syarat.

"Salah satu keterampilan umum lulusan Sarjana adalah dapat mengkaji, menyusun, hal-hal tersebut dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir,” ujar Ismunandar dikutip dari Kompas.com, Jumat (8/11/2019).

Sebelumnya, Risa Santoso memiliki cara tersendiri untuk menerapkan kebijakannya itu meski struktur di bawahnya adalah orang-orang yang lebih tua darinya.

Risa meyakini, komunikasi yang tepat dalam menyampaikan ide akan menjadi cara yang efektif dalam menjalankan segala kebijakannya.

"Yang penting itu kreativitas, lalu berani mengambil keputusan juga berani mengutarakan ide. Misalnya ada sesuatu yang ingin saya inisiasi itu berani untuk menyuarakan itu. Karena mau tidak mau kita harus proaktif jika ingin berbuat sesuatu dan memberikan dampak yang positif," ungkapnya.

Seperti diketahui, Risa Santoso dilantik menjadi Rektor Institut Teknologi dan Bisnis ASIA Malang pada Sabtu (2/11/2019).

Risa menjadi rektor termuda di Indonesia dan menjadi rektor pertama di perguruan tinggi itu.

Reporter : Muhammad Israjab
Editor: Ibnu

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga