Viral: Sebuah Masjid di Obrak-abrik dan Lembaran Al-Quran Dilumuri Darah, Bahkan Ada Pembalut Wanita

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 12 Desember 2022
0 dilihat
Viral: Sebuah Masjid di Obrak-abrik dan Lembaran Al-Quran Dilumuri Darah, Bahkan Ada Pembalut Wanita
Beberapa Al Quran yang dilumuri darah. Kasus ini ditemukan di Magelang usai video viral menunjukkan orang tak dikenal mengobrak-abrik masjid. Foto: Pikiranrakyat

" Beredar sebuah video yang memperlihatkan isi masjid diobrak-abrik oleh orang tak dikenal. Peristiwa itu terjadi di Magelang, Jawa Tengah "

MAGELANG, TELISIK.ID - Beredar sebuah video yang memperlihatkan isi masjid diobrak-abrik oleh orang tak dikenal. Peristiwa itu terjadi di Magelang, Jawa Tengah.

Video masjid di Magelang yang tampak berantakan itu awalnya diunggah oleh pengguna akun TikTok @nisvawijaya. Setelah itu, video tersebut langsung diunggah ulang oleh netizen di platform media sosial lain seperti Instagram.

Dalam narasi yang tertulis di video, pelaku yang mengobrak-abrik masjid di Magelang itu diduga adalah pasangan suami-istri. Tak hanya membakar pembatas saf antara laki-laki dan perempuan, tapi mereka juga melumuri sejumlah Al Quran dengan ceceran darah haid.

“Masjid Di Magelang diobrak abrik yg di diduga suami istri. Pembatas shaff dibakar Al Qur’an dilumuri darah Mens,” bunyi tulisan dalam video itu dilansir dari Populis.id.

Dilihat dari video itu, bagian dalam masjid tampak berantakan. Lantai pembatas antara saf pria dan wanita juga gosong seperti terbakar. Selain itu, di sekitar mimbar ada kertas dari Al Quran yang berserakan, bahkan di sejumlah kitab suci itu juga ada darah.

Baca Juga: 3 Suvenir di Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Darah di Al Quran tersebut diduga berasal dari pembalut wanita karena di sekitar mimbar pun ada bekas pembalut.

Sementara itu Kapolsek Salaman, Iptu Sukarjo membenarkan adanya kejadian masjid yang berlokasi di Dusun Krandan, Desa Kebonrejo, Kecamatan Salaman, Magelang, Jawa Tengah dirusak oleh orang tak dikenal. Kejadiannya disebut terjadi pada Sabtu pagi kemarin.

"(Pelaku) Membakar tirai, tirai pembatas antara laki-laki dan perempuan," ucapnya dilansir dari Viva.co.id.

Baca Juga: Menilik Pernikahan Anak-Anak Presiden dari SBY hingga Jokowi

Meski begitu, dirinya belum merinci kronologis perusakan masjid ini. Pihaknya masih melakukan penyelidikan. Sejumlah saksi sudah dimintai, termasuk pengurus masjid.

"Pelaku sementara belum diketahui, hanya tahu saksi itu ciri-cirinya namun, kami sedang berusaha lewat semua elemen CCTV dan sebagainya, kami masih usaha," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan kalau identitas pelaku pun belum diketahui. Tapi, pelaku diduga bukan warga sekitar masjid. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga