Visi Misi Capres: Ganjar Bidik Reformasi Kepolisian, Anies Hapus Penjajahan Dunia, Prabowo Perkuat Persenjataan Militer

Mustaqim, telisik indonesia
Senin, 08 Januari 2024
0 dilihat
Visi Misi Capres: Ganjar Bidik Reformasi Kepolisian, Anies Hapus Penjajahan Dunia, Prabowo Perkuat Persenjataan Militer
Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto saat debat Capres kedua. Foto: Ist.

" Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mengatakan akan memperkuat diplomasi luar negeri untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang disegani "

JAKARTA, TELISIK.ID - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mengatakan akan memperkuat diplomasi luar negeri untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang disegani.

Hal itu disampaikan dalam debat ketiga kampanye Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam.

Pertahanan semesta menjadi fokus Ganjar. Dia menilai, cara ini sekaligus untuk mengamankan proyek strategis di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Karena (IKN) termasuk wilayah yang diincar oleh  Amerika dan Tiongkok dengan berbagai kepentingan," ujar Ganjar.

Ganjar juga menargetkan akan melakukan reformasi di kepolisian. Lembaga ini, menurutnya, sudah seharusnya mengayomi seluruh rakyat dalam memberi rasa aman.

"Sebagai anak polisi tentu ini menjadi fokus kita. Kepolisian harus mengayomi seluruh rakyat tanpa membedakan," katanya.

Baca Juga: Ribuan Personel Gabungan Diterjunkan Amankan Debat Pilpres 2024

Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, menjanjikan akan mengembalikan posisi Indonesia menjadi pelaku utama dalam kompetisi global.

Anies merencanakan membangun kekuatan ideologi, politik, ekonomi, sosial, dan budaya untuk mewarnai kancah internasional.

"Apa yang kita lakukan dalam membangun kekuatan negara adalah menghapuskan penjajahan di muka bumi, tidak hanya sebagai konsep, terutama dalam membebaskan Palestina," tegasnya.

Fokus lainnya bagi Anies di bidang pertahanan adalah pemberantasan narkoba dan memperkuat Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dari serangan siber. Anies menyinggung kebocoran data Kemenhan yang dibobol oleh hacker pada 2023.

Kelemahan-kelemahan itu, menurut Anies, muncul karena tidak adanya kepemimpinan yang tegas.

"Karena itu kami akan memulai kepemimpinan yang menjunjung tinggi etika dan didukung data," ujarnya.

Sementara capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, menjanjikan perlindungan bagi rakyat. Dia menyebut janjinya itu sebagaimana yang tertuang di dalam tujuan bernegara, yakni melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia.

Baca Juga: Anies dan Ganjar Optimis Ungguli Prabowo Debat Pertahanan, Istora Dijaga Ketat

"Melindungi seluruh rakyat ini penting karena sampai kita merdeka kekayaan kita diambil dengan murah," kata Prabowo tanpa menyebut pihak yang mengambil kekayaan negara seperti yang disebutkannya.

Mengenai politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif, Prabowo mengatakan akan mengajak seluruh pihak untuk ikut aktif menciptakan perdamaian dunia.

Membangun sistem pertahanan negara yang kuat juga menjadi perhatian Prabowo. Dia mengatakan akan memperkuat militer dengan persenjataan yang canggih.

"Tanpa kekuatan militer negara akan dilindas seperti yang terjadi di Gaza (Palestina) saat ini," ujarnya.

Tema debat ketiga ini adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, politik luar negeri, geopolitik, dan globalisasi. (A)

Reporter : Mustaqim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga