Wabah Baru Jenis Brucellosis, Serang China Bikin Testis Bengkak

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Sabtu, 19 September 2020
0 dilihat
Wabah Baru Jenis Brucellosis, Serang China Bikin Testis Bengkak
Wabah Brucellosis di China, Tiga Ribu Orang Terinfeksi. Foto: Repro google.com

" Angkanya jauh lebih besar dari yang diperkirakan dan memicu kekhawatiran terkait meluasnya penyakit dan konsekuensinya. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Hampir tiga ribu orang di Lanzhou, China positif terinfeksi penyakit yang disebabkan oleh bakteri, brucellosis.

Penyakit brucellosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri brucella, bakteri yang umumnya dibawa oleh hewan ternak.

Kondisi ini bisa memicu pembengkakan testis pada pria. Di awal, jumlah orang yang terinfeksi masih sedikit. Tetapi, setelah 21 ribu warga dites, ternyata ada lebih dari tiga ribu orang yang terinfeksi bakteri ini.

"Angkanya jauh lebih besar dari yang diperkirakan dan memicu kekhawatiran terkait meluasnya penyakit dan konsekuensinya," tulis Global Times.

Penularan penyakit ini terjadi melalui makanan yang terkontaminasi bakteri Brucella. Tetapi, dalam kasus ini penularannya diyakini terjadi lewat udara.

Di China, wabah Brucellosis menyebar karena terdapat kebocoran pada sebuah pabrik biofarmasi yang tengah memproduksi vaksin brucella untuk hewan ternak.

Baca juga: Dialog Bouznika: Dua Faksi yang Bertikai di Libya Sepakat Jaga Perdamaian

Hewan yang paling umum membawa bakteri ini adalah domba, sapi, kambing, babi dan anjing.

Penyakit brucellosis dikenal juga dengan demam malta atau demam Mediterania. Infeksi bakteri ini menyebabkan munculnya sejumlah gejala pada tubuh seperti sakit kepala, nyeri otot, demam dan kelelahan.

Dilansir dari cnnindonesia.com, menurut Pusat Pencegahan dan Penularan Penyakit Amerika Serikat (CDC), penularan brucellosis dari orang ke orang sangat jarang terjadi.

Kebanyakan orang yang terinfeksi mendapatkan virus dari makanan yang terkontaminasi atau menghirup bakteri. Pada kasus yang baru terjadi di Lanzhou, China penularan diperkirakan karena menghirup bakteri yang bocor dari pabrik.

Diagnosis brucellosis harus dilakukan oleh dokter dengan melakukan sejumlah tes seperti pengujian sampel darah, sumsum tulang atau cairan tubuh lainnya. Tes darah juga dapat dilakukan untuk mendeteksi antibodi yang melawan bakteri.

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga