adplus-dvertising

Wabula Jadi Nominasi Desa Wisata 2021, Wujud Konsistensi Pemda Buton

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Sabtu, 21 Agustus 2021
3128 dilihat
Wabula Jadi Nominasi Desa Wisata 2021, Wujud Konsistensi Pemda Buton
Kali Topa salah satu destinasi wisata di Desa Wabula, Buton. Foto: Iradat Kurniawan/Telisik

" Desa ini terkenal dengan potensi wisata pantai, alam, sejarah, dan budaya yang kental, serta desa yang mayoritas perempuannya menenun. "

BUTON, TELISIK.ID - Sama halnya dengan Wakatobi, Buton mempunyai potensi bawah laut dengan spesies ikan yang endemik dan memiliki kekhasan flora dan fauna di Hutan Lambusango, dan juga terdapat destinasi wisata di Kecamatan Wabula.

Di kecamatan Wabula, terdapat sebuah desa yang juga disebut Wabula.

Desa ini terkenal dengan potensi wisata pantai, alam, sejarah, dan budaya yang kental, serta desa yang mayoritas perempuannya menenun.


 

Desa wisata Wabula Buton. Foto: Iradat Kurniawan/Telisik

 

Selain itu, terdapat kawasan wisata di desa wabula yang telah menjadi beberapa rencana pengembangan destinasi wisata unggulan di Kabupaten Buton.

Olehnya itu, Desa Wabula pun terpilih sebagai nominasi Desa Wisata 2021 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Baca juga: Mengenal Liya Togo, Satu-Satunya Desa Wisata di Wakatobi yang Masuk 100 Besar ADWI 2021

Baca juga: Pesona 6 Destinasi Wisata Hadiah Kemenangan Greysia dan Apriyani, Salah Satunya Wakatobi

Memanggil hal tersebut, Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Buton, Rusdi Nudi mengaku, pencapaian ini merupakan konsistensi dari Pemda yang mendorong kawasan wisata yang ada di Kabupaten Buton.

"Alhamdulillah konsistensi Pemda Buton mendorong Wabula sebagai kawasan desa wisata mulai membuahkan hasil," tutur Rusdi Nudi Telisik.id saat dihubungi melalui pesan WhatsApp, Sabtu (21/8/2021).

Rusdi Nudi juga merasa sangat berterima kasih kepada Kementerian Pariwisata atas dukungan pembangunan infrastruktur pariwisata melalui DAK Fisik selama beberapa tahun berturut turut, dan bantuan DAK non Fisik untuk pelatihan-pelatihan SDM pariwisata.

"Masuknya Wabula ini, hendaknya menjadi motivasi tersendiri dan pemicu bagi Pemda Buton untuk lebih fokus dalam memberi dukungan pengembangan ekonomi kreatif dan usaha jasa pariwisata, sehingga memberi dampak ekonomi masyarakat secara luas di Wabula dan sekitarnya maupun Buton secara keseluruhan," jelasnya.

Diharapkan pula, kata Rusdi Nudi, muncul motivasi dari masyarakat secara bersama membangun pariwisata, khususnya mendukung mewujudkan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung. (B)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga