Wabup Muna Tekankan Pejabat Jangan Timbulkan Masalah di Pengelolaan Keuangan

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 03 Maret 2022
0 dilihat
Wabup Muna Tekankan Pejabat Jangan Timbulkan Masalah di Pengelolaan Keuangan
Wabup Muna, Bachrun Labuta. Foto : Sunaryo/Telisik

" Tata kelola keuangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna mulai membaik "

MUNA, TELISIK.ID - Tata kelola keuangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna mulai membaik.

Terbukti, lima tahun terakhir, Bumi Sowite secara berturut-turut meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Wilayah Sultra.

Untuk mempertahankan predikat itu, Wakil Bupati (Wabup) Muna, Bachrun Labuta menekankan pada para pejabat untuk mengelola keuangan dengan lebih baik lagi.

Ia tidak inginkan di akhir-akhir karir para pejabat menimbulkan masalah, sehingga bisa berdampak pada proses hukum. Karena, secara otomatis akan mengganggu psikologis.

"Saya tekankan jangan ada yang timbulkan masalah. Kerja sesuai aturan dan tupoksi masing-masing," kata Bachrun, Kamis (3/3/2022).

Baca Juga: Terlahir Kelainan, Nur Butuh Uluran Tangan

Bachrun sendiri mengaku, Maret ini, ia bersama Bupati, LM Rusman Emba tercatat baru enam bulan dilantik sebagai pasangan kepala daerah hasil Pilkada 9 Desember 2020 lalu. Nah, selama ini, ia menilai kerja-kerja organisasi perangkat daerah (OPD) belum maksimal. Karenanya, ia terkadang keras terhadap para pejabat. Hal itu, ia lakukan agar mereka paham akan tupoksinya masing-masing.

Baca Juga: SPAM Kontunaga Muna Bisa Layani 2.000 SR

"Keberadaan saya ingin membawa manfaat bagi OPD. Posisi saya, bukan untuk menggurui, tetapi sama-sama belajar," ujarnya.

Khusus dalam pengelolaan keuangan, ia berharap ada kerja tim yang dibangun. Hindari masalah. Karena, dalam sistem pemerintahan, satu kesalahan yang dilakukan OPD, akan mengganggu secara keseluruhan.

"Kita harus berpikir lebih jauh. Kerjakan sesuai aturan, nanti pimpinan yang akan menilai," terangnya. (C)

Reporter: Sunaryo

Editor: Kardin

Baca Juga